Mutiara Kecantikan Hati


Assalamu’alaikum …

Kecantikan luar biasa yang ada dalam diri seorang muslimah adalah kecantikan hati. Kecantikan paras menjadi nomor sekian bila hati yang dimiliki oleh seorang wanita adalah hati yang begitu terbuka untuk memberi, untuk berbagi dan untuk menyenangkan hati diri sendiri atau pun hati orang lain.

Jilbab dan kerudung bukanlah indikasi sebuah kecantikan hati.
Tapi setiap wanita yang memiliki kecantikan hati, pasti akan memakai jilbab dan kerudung. 

Dan Rasulullah SAW pun bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat wajah dan fisikmu, akan tetapi melihat pada hati dan amalmu”

Allah SWT juga berfirman : Pada hari (itu) tidak bermanfaat harta dan anak keturunan mereka, kecuali orang yang menghadap Allah SWT dengan qolbun salim (hati yang bersih).

Di saat hijab diri itu menjadi penting karena zaman yang sudah mengalami percepatan gaya hidup, semua akan berbalik untuk mengetahui apa sebenarnya kecantikan hati yang hakiki itu? Dan apakah kecantikan hati yang hakiki itu bisa mengubah semua kembali seperti sediakala tanpa ada kerusakan akhlaq yang terjadi dimana-mana?

***

Suatu pagi seorang gadis berkata pada Ibunya,
“Ibu, engkau selalu terlihat cantik, aku ingin sepertimu, beritahulah aku sesuatu …”
Dengan tatapan dan senyum haru, sang Ibu pun menjawab,
“Untuk bibir yang menarik, ucapkanlah perkataan yang baik … ”
“Untuk pipi yang lesung, tebarkanlah senyum ikhlasmu di muka bumi … ”
“Untuk mata indah menawan, lihatlah selalu kebaikan orang lain … ”
“Untuk tubuh yang langsing, sisihkan makananmu bagi fakir miskin …”
“Untuk jemari tangan yang lentik menawan, hitunglah dosa dan pujianmu untuk Allah SWT …”
“Untuk Wajah Putih Bercahaya, Basuhlah Muka dengan air yang bersih … “

***

Tahukah mutiara yang ada di hati seorang wanita sholehah? Tahukah kecantikan muslimah yang hakiki?

*) www.sabda.org

Yang pertama adalah meredam amarah atau keinginan untuk menyakiti orang lain, karena hal itu akan mengurangi aura kecantikan. Lagipula dalam ilmu kedokteran disebutkan bahwa amarah menyebabkan kerusakan sel syaraf sebanyak 50.000 sel. Dibutuhkan waktu lama atau sedikitnya 128 hari untuk memulihkan sel-sel tersebut seperti sedia kala.

Tidak mengherankan, betapa pun cantik dan menarik fisik seorang wanita, maka ia akan terlihat sangat jelek dan menyebalkan bila dirinya dikuasai amarah atau nafsu untuk menyakiti orang lain. Maka binalah sikap dan cara berpikir positif. Aura kecantikan Anda semakin bersinar terang dan diri Anda terlihat jauh lebih muda dan segar bila Anda selalu berpikir positif.

Yang kedua adalah mencintai diri sendiri tanpa syarat, apapun adanya diri Anda. Apabila Anda tidak mampu mencintai diri sendiri, maka Andapun tidak akan dapat mencintai dan menyayangi orang lain. Logikanya Anda tidak akan dapat memberikan sesuatu yang tidak Anda miliki.

Dengan terlebih dulu mencintai diri sendiri, maka Anda baru akan bisa memancarkan cinta dan kasih sayang kepada mahkluk di sekeliling Anda. Cinta dan kasih sayang yang tulus dari dalam hati menjadikan seluruh aspek di dalam diri Anda terlihat istimewa. Cinta dan kasih sayang akan memancarkan aura kecantikan Anda yang luar biasa.

Selain mencintai diri sendiri apa adanya, Anda juga dapat memupuk cinta dan kasih sayang kepada orang lain dengan melakukan visualisasi. Caranya adalah meluangkan beberapa waktu untuk membayangkan diri Anda berbagi kasih sayang dan berbuat kebaikan kepada orang lain. Lakukan visualisasi seperti itu dimanapun Anda berada, karena dapat meningkatkan energi cinta dan kasih sayang dari dalam diri Anda.

Hingga tanpa Anda sadari, suatu ketika sikap Anda juga akan penuh kasih sayang. Aura kecantikan Andapun akan memancar dengan sendirinya. Semakin banyak cinta yang Anda pancarkan tanpa syarat, maka semakin tinggi aura kecantikan yang Anda miliki.

Satu hal terpenting untuk diperhatikan bahwa kecantikan itu terpancar dari dalam hati yang damai. Aura kecantikan tidak dapat timbul dari dalam jiwa yang kosong dan hampa. Hati yang damai juga tidak dapat tergantikan oleh kekayaan, kemolekan tubuh dan wajah, ketenaran, posisi dan lain sebagainya.

Bersyukur dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan aktifitas yang lebih menjanjikan kedamaian hati. Luangkanlah lebih banyak waktu untuk bersyukur dan beribadah kepada Tuhan YME. Aura kecantikan akan terpancar lebih terang dari seseorang yang memiliki kedamaian spiritual, dimana ia menemukan harapan baru, optimisme dan kebahagiaan hakiki.

Pada dasarnya, penampilan memang penting supaya seorang wanita terlihat rapi, cantik dan menarik. Tetapi karakteristik itu ternyata jauh lebih penting, karena kecantikan yang berasal dari kemurnian hati dan jiwa lebih mudah menjadi pusat kekaguman banyak orang. Pesan saya, jagalah diri dan inner beauty atau keluhuran budi pekerti betapapun cantiknya Anda.

Setiap muslimah akan terlihat begitu cantik dengan hati yang selalu terbuka untuk menerima segalanya dengan sebuah senyuman dan rasa syukur. 

Iklan

11 thoughts on “Mutiara Kecantikan Hati

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s