Zanzibar, Islam sebagai Solusi


Sejenak mengarahkan pandangan IslaMania ke sisi lain dari benua Afrika. Mari kembali berplesir bersama IslaMania ke sebuah tempat bersejarah bagi peradaban Islam di Afrika Timur. Kali ini pijakkan kaki di Zanzibar, sebuah kepulauan di sebelah timur pesisir Afrika, dan termasuk dalam wilayah Tanzania. Zanzibar adalah tempat bermulanya islam menyebar di Afrika Timur yang kala itu dipelopori oleh Sheikh Muhyidin bin Sheikh Abdullah al-Qahtany (1789-1869). Islam di kepulauan ini memang sangat hebat dan mayoritas 95% dari jumlah penduduknya.

Banyak masyarakat Zanzibar yang beralih menerapkan cara hidup yang lebih Islami. Masjid-masjid selalu dipenuhi jamaah shalat Jumat, lebih banyak muslimah yang memakai jilbab sementara kaum prianya bangga mengenakan baju panjang khas muslim. Keberadaan Islam di Zanzibar kini bukan hanya sebagai solusi politik, namun pemuka agama Islam pun terus bergerak di bidang sosial untuk warga miskin, mengumpulkan zakat dan menyalurkannya kepada yang berhak.

Meski nama Zanzibar kurang diperhitungkan, namun sejarah mencatat bahwa Islam pernah berpengaruh kuat di wilayah ini sehingga tidak menutup kemungkinan, geliat Islam dapat kembali bermula dari sini.

 

Iklan

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s