Bentuk Citra Diri Positif


Assalamu’alaikum …

Kiriman dari antumers yang begitu menginspirasi …

Untuk antumers lain yang ingin artikelnya di posting di 4antum, silakan kirimkan artikel antum ke email :

adia.treest@gmail.com

adia.treest@yahoo.co.id

jurnalis.islam@gmail.com


By : Idham

Allah memberikan lahan untuk melatih jiwa kita. Ujian dan cobaan menjadi batu asah bagi runcingnya mental kita. Mental kita dilatih untuk memahami berbagai persoalan dalam kehidupan, termasuk di antaranya memahami pandangan umum masyarakat tentang citra diri.

 

Menurut Stephen Covey, paling tidak ada empat anugerah yang Allah berikan kepada manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain, yaitu kesadaran diri, imajinasi, nurani dan kehendak bebas. Dengan kesadaran diri, kita menyadari keberadaan kita. Dengan imajinasi kita bisa menciptakan suasana apapun sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Dengan nurani, kita bisa membedakan antara yang baik dan yang buruk. Dengan kehendak bebas, kita bisa melakukan apa yang kita inginkan.

Kalau biasanya kita lebih menghargai sebuah mobil mewah dibandingkan seorang tukang parkir di sebelahnya, mulai sekarang kita harus lebih menghargai tukang parkir tersebut sebagai ciptaan Allah yang berharga. Atau jika kita merasa rendah diri, cobalah untuk mengubah pikiran / gambaran tersebut dengan menyadari bahwa kita berharga. Nilai kita tidak tergantung pada kemampuan kita mendapatkan penerimaan berubah-ubah dari manusia. nilai kita sesungguhnya adalah kasih sayang.

Banyak dari kita hanya melihat penampilan luar saja. Kita sering kali hanya mempercayai apa yang kita lihat. Karena terpaku pada penampilan luar, kita menjadi takut gagal. Kita takut untuk mencoba karena takut hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Adapula orang yang mengejar sukses untuk dihargai. Dia percaya bahwa kesuksesan akan membawa kepuasan dan kebahagiaan. Kadang hal ini berakibat kita memanipulasi orang lain untuk mengejar kesuksesan.

Ingatlah …

Jangan pernah berkata ‘Saya memang begini’, ‘Saya bisa berubah’, atau ‘Saya tidak punya harapan’.

Kita harus memiliki cara pandang yang baru. Kita harus berani keluar dari rasa aman / kebiasaan kita. Memang kita tidak tahu hasilnya, tapi yakinlah tidak rugi untuk mencoba.

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s