Sedia Payung Sebelum Hujan


Assalamu’alaikum …

 

Hadapi kenyataan, jangan lari darinya. Karena kenyataan adalah hal yang tidak bisa diubah dengan umpatan, pertanyaan, maupun penyesalan. Kunci menghadapi kenyataan yang mungkin membawa stres adalah keridhaan dari seseorang dan kesiapan hati. Pada diri sendiri saya sudah bertekad : saya siap sukses >< saya siap gagal; saya siap menjadi pemimpin >< saya siap menjadi bawahan; saya siap sehat >< saya siap sakit; saya siap bekerja >< saya siap menganggur.

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri kecuali telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguh-Nya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang diberikanNya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Al Hadid : 22 – 23)

Kesiapan dan keridhaan hati ibarat sedia payung sebelum hujan begitu kita menerima takdir yang baik dan yang buruk dari Allah SWT. Dengan begitu kita tidak perlu berucap : “Ah, seandainya saja …” atau “Oh, mengapa hal ini terjadi …”

 

Ungkapan penyesalan dan menyalahkan ini tidak akan mengubah yang sudah terjadi. Perkataan ini tidak efektif dan tiada manfaatnya untuk mengurangi stres. Ingatlah semuanya kepunyaan Allah dan Dia berhak mengambilnya dari kita. Karena itu, kecondongan hati kita kepada Allah SWT, Insya Allah membuat kita ridha.

Iklan

9 thoughts on “Sedia Payung Sebelum Hujan

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s