Matematika 3


Assalamu’alaikum …

 

Kembali posting mengenai matematika …

Banyak pesanan dari antumers. Tetap eksis walaupun harus ngetik skripsi dan RPP dalam waktu seminggu. Dikejar deadline … Huhhfff … disyukuri saja … alhamdulillah masih ada yang mempercayakan ane untuk jadi asistennya … hehehe … lumayan untuk side job (buat bayar uang kuliah … hehehe …)

Oke, kembali ke topik. Kali ini ane akan sedikit mengulik mengenai matematika. Pelajaran yang selama ini ‘disukai’ … hehehe …

 

Inspirasi, dan diterapkan matematika murni, dan estetika

Matematika muncul dari berbagai macam masalah. Pada awalnya ini ditemukan dalam perdagangan, pengukuran tanah, arsitektur dan kemudian astronomi, saat ini, semua ilmu menunjukkan masalah yang dipelajari oleh matematikawan, dan banyak masalah muncul dalam matematika itu sendiri. Sebagai contoh, ahli fisika Richard Feynman menemukan integral perumusan jalan dari mekanika kuantum menggunakan kombinasi penalaran matematika dan wawasan fisik, dan hari ini teori string, sebuah pengembangan ilmiah teori-masih yang mencoba untuk menyatukan empat gaya dasar alam, terus menginspirasi matematika baru.

Beberapa matematika hanya relevan di daerah yang terinspirasi itu, dan diterapkan untuk memecahkan masalah lebih lanjut di daerah itu. Namun seringkali matematika terinspirasi oleh salah satu daerah terbukti berguna di banyak daerah, dan bergabung saham umum konsep-konsep matematika. Perbedaan sering dibuat antara matematika murni dan matematika terapan. Namun topik matematika murni sering ternyata memiliki aplikasi, misalnya teori angka di kriptografi. Ini kenyataan yang luar biasa bahwa bahkan “murni” matematika sering ternyata memiliki aplikasi praktis adalah apa Eugene Wigner telah disebut ” tidak masuk akal efektivitas matematika”. Seperti di sebagian besar wilayah studi, ledakan pengetahuan di era ilmiah telah menyebabkan spesialisasi : sekarang ada ratusan bidang-bidang tertentu dalam matematika dan terakhir Matematika Klasifikasi Subyek untuk 46 halaman. berjalan Beberapa daerah matematika yang diterapkan telah bergabung dengan tradisi terkait di luar matematika dan menjadi disiplin dalam hak mereka sendiri, termasuk statistik, riset operasi, dan ilmu komputer.

Bagi mereka yang cenderung matematis, sering kali ada aspek estetika pasti untuk sebagian besar matematika. Banyak matematikawan berbicara tentang keanggunan matematika, intrinsik estetika dan batin keindahan. Kesederhanaan dan umum dinilai. Ada keindahan dalam sederhana dan elegan bukti , seperti Euclid bukti bahwa ada tak terhingga banyaknya bilangan prima , dan dalam elegan metode numerik yang kecepatan perhitungan, seperti Fourier cepat transformasi. GH Hardy dalam A Mathematician’s Apology menyatakan keyakinan bahwa pertimbangan estetika adalah, dalam diri mereka sendiri, cukup untuk membenarkan studi matematika murni. Dia diidentifikasi kriteria seperti makna, unexpectedness, dihindari, dan ekonomi sebagai faktor yang berkontribusi terhadap estetika matematis. Matematikawan sering berusaha untuk menemukan bukti dari teorema yang sangat elegan, pencarian Paul Erdos sering disebut sebagai menemukan bukti dari ” Buku “di mana Allah telah menuliskan bukti favoritnya. Popularitas matematika rekreasi adalah tanda lain dari kesenangan yang banyak menemukan dalam memecahkan pertanyaan matematika.

Albert Einstein menyatakan bahwa “sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak tertentu, dan sejauh karena mereka yakin, mereka tidak mengacu pada realitas.”

Terapan Matematika

Matematika Terapan mempertimbangkan penggunaan alat matematika abstrak dalam memecahkan masalah konkrit di ilmu , bisnis , dan bidang lainnya.

Matematika Terapan telah signifikan tumpang tindih dengan disiplin statistik , teori yang dirumuskan secara matematis, terutama dengan teori probabilitas. Statistik (bekerja sebagai bagian dari proyek penelitian) “membuat data yang masuk akal” dengan random sampling dan dengan acak percobaan, rancangan sampel statistik atau percobaan menentukan analisis data (sebelum data tersedia). Ketika mempertimbangkan kembali data dari percobaan dan contoh atau ketika menganalisis data dari studi observasional , statistik “masuk akal dari data” menggunakan seni pemodelan dan teori inferensi – dengan pemilihan model dan estimasi , estimasi model dan konsekuensial prediksi harus diuji pada data baru.

 

Matematika Fisika

Komputasi matematika mengusulkan dan studi metode untuk memecahkan masalah matematika yang biasanya terlalu besar untuk kapasitas numerik manusia. analisis numerik metode studi untuk masalah dalam analisis menggunakan ide-ide analisis fungsional dan teknik teori aproksimasi ; analisis numerik meliputi studi tentang pendekatan dan diskritisasi luas dengan perhatian khusus untuk kesalahan pembulatan . Daerah lain matematika komputasi termasuk aljabar komputer dan perhitungan simbolik.

 

Matematika Kimia

 

 

 

6 thoughts on “Matematika 3

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s