Kota Itu Bernama Granada …


Assalamu’alaikum …

Novel Granada karangan Radwa Ashour menghipnotis ane dalam sekejap. Novel yang ane dapatkan sewaktu menghadiri Grand Launching 12 Antalogi Cerpen “Sebuah Kata Rahasia” ini memang belum ane baca sampai tuntas namun cukup menyita perhatian ane yang memang tengah menggarap novel ane yang ke sekian.

Granada …

Kota yang terletak di tepi sungai Genil di kaki Gunung Serra Nevada ini berdekatan dengan pantai Laut Mediterania. Granada semula adalah tempat tinggal orang Iberia yang kemudian menjadi kota orang Romawi dan baru terkenal setelah berada di tangan orang-orang Islam dimana kota ini salah satu kota yang sempat ditaklukan oleh tentara Bani Umayyah di bawah pimpinan Tarik ibn Ziyad dan Musa ibn Nushair tahun 711 M dimana pada masa itu lebih dikenal dengan Andalusia Atas.

Kala itu, Granada mengalami perkembangan pesat, namun di tahun 1031 M mengalami kemunduran karena diperintah oleh Dinasti Zirids dan akhirnya jatuh ke bawah pemerintahan Al – Murabithun, sebuah dinasti Barbar dari Afrika Utara.

Akhirnya pada abad ke – 15, Granada benar-benar diambang kehancuran ketika berada di bawah pimpinan Raja Ferdinand dan Isabella dimana hal ini pun berdampak orang-orang Islam di usir dari kota tersebut oleh penguasa Kristen.

Al – Hambra …

Siapa yang tidak mengenal Al Hambra?

Peninggalan peradaban Islam yang begitu menakjubkan dan tak kalah hebatnya dengan peninggalan Islam lainnya. Alhambra ini merupakan istana kota di atas gunung di Granada. Sisa peninggalan muslim Al-Andalus tercantik dengan gaya seni islaminya. Asal kata Alhambra ini masih belum sepakat ada yang mengira dari qar’at al-Hamra atau istana merah dan ada yang mengira berasal dari nama pembuatnya. Luasnya hampir 13 hektar. Dibangun di atas sisa bangunan zaman Romawi setelah perebutan Spanyol oleh para muslim. Granada dikenal sebagai tempat pelarian terakhir para muslim di Spanyol setelah Cordoba, Sevilla dan Malaga.

Istana Alhambra didirikan oleh kerajaan Bani Ahmar atau bangsa Moor (Moria) (bangsa yang berasal dari daerah Afrika Utara), satu kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Andalusia sekarang Spanyol. Kerajaan ini adalah Daulat Bani Ahmar yang berkuasa antara 1232-1492 M, didirikan oleh Sultan Muhammad bin Al-Ahmar atau Bani Nasr yang masih keturunan Sa’id bin Ubaidah, seorang sahabat Rasulullah saw. yang berasal dari suku Khazraj di Madinah. Bangunan Istana Alhambra dibangun kurang lebih tahun 1238 dan 1358 M oleh sultan tersebut yang diteruskan oleh keturunan raja-raja Bani Ahmar. Istana Alhambra tidak langsung didirikan, namun secara bertahap.

Istana ini dilengkapi dengan taman mirta semacam pohon myrtuscommunis dan juga bunga-bunga yang indah harum semerbak, serta suasana yang nyaman. Kemudian, ada juga Hausyus Sibb (Taman Singa), taman yang dikelilingi oleh 128 tiang yang terbuat dari marmer. Di taman ini pula terdapat kolam air mancur yang dihiasi dengan dua belas patung singa yang berbaris melingkar, yakni dari mulut patung singa-singa tersebut keluar air yang memancar. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan yang indah, yaitu, Ruangan Al-Hukmi (Baitul Hukmi), yakni ruangan pengadilan dengan luas 15 m x 15 m, yang dibangun oleh Sultan Yusuf I (1334-1354); Ruangan Bani Siraj (Baitul Bani Siraj), ruangan berbentuk bujur sangkar dengan luas bangunan 6,25 m x 6,25 m yang dipenuhi dengan hiasan-hisan kaligrafi Arab; Ruangan Bersiram (Hausy ar-Raihan), ruangan yang berukuran 36,6 m x 6,25 m yang terdapat pula al-birkah atau kolam pada posisi tengah yang lantainya terbuat dari marmer putih. Luas kolam ini 33,50 m x 4,40 m dengan kedalaman 1,5 m, yang di ujungnya terdapat teras serta deretan tiang dari marmer; Ruangan Dua Perempuan Bersaudra (Baitul al-Ukhtain), yaitu ruang yang khusus untuk dua orang bersaudara perempuan Sultan Al-Ahmar; Ruangan Sultan (Baitul al-Mulk); dan masih banyak ruangan-ruangan lainnya seperti ruangan Duta, ruangan As-Safa’, ruangan Barkah, Ruangan Peristirahatan sultan dan permaisuri di sebelah utara ruangan ini ada sebuah masjid yakni Masjid Al-Mulk.

Selain itu, istana merah ini dikelilingi oleh benteng dengan plesteran yang kemerah-merahan. Yang lebih unik lagi pada bagian luar dan dalam istana ini ditopang oleh pilar-pilar panjang sebagai penyangga juga penghias istana Alhambra. Kemudian, dinding istana itu baik di luar atau pun dalam istana banyak dihiasi dengan kaligrafi-kaligrafi Arab dengan ukiran yang khas yang sulit dicari tandingannya.

Semula kerajaan ini hanya kerajaan kecil saja namun dengan cepatnya kerajaan ini menjadi kerajaan kuat dan megah hingga dua setengah abad lebih berkuasa. Kekuatan ini bukan saja dari kematangan pola pikir para pemimpinnya, tetapi keadaan alam pun ikut mendukung kejayaannya. Wilayah Granada termasuk daerah sebuah bukit atau pegunungan yang indah dengan ketinggian kurang lebih 150 m, dengan luas kira-kira 14 ha, satu daerah yang sukar dimasuki oleh musuh namun mudah dipertahankan, sekarang Bukit La Sabica.

Pada masa kejayaannya istana Alhambra ini dilengkapi dengan barang-barang berharga seperti barang yang terbuat dari logam mulia, perak, dan permadani-permadani indah yang masih alami buatan tangan manusia.

Akhir Granada …

Pada pertengahan 1491 M, Raja Ferdinand V telah mengepung Granada selama tujuh bulan, Ferdinand V berkemah di Gumada di sebelah selatan kota. Sebelumnya Ferdinand V telah menguasai kota-kota lain seperti Malaga pelabuhan terkuat di Andalusia, kemudian Guadix dan Almunicar, Baranicar, dan Almeria. Yang terakhir adalah Granada yang diserahkan oleh raja terkahir Bani Ahmar Abu Abdillah. Penyerahan Granada ini diserahkan di halaman Istana Alhambra.

Demikianlah Granada takluk dan menyerah yang diduduki oleh pengikut-pengikut Raja Ferdinand V dan Ratu Isabella pada tanggal 2 Januari 1492 M/2 Rabiul Awwal 898 H. Karena kegigihan dan perjuangan Raja Ferdinand V dan Ratu Isabella, Paus Alexander VI (L. 1431-W. 1503) yang terkenal dengan perjanjian Tordesillasnya pada tahun 1494 ia memberi gelar raja dan ratu ini sebagai “Catholic Monarch” atau “Los Reyes Catolicos” atau Raja Katolik.

Dengan kemenangan umat Kristen inilah orang-orang Islam dipaksa keluar dari tanah Spanyol, untuk yang mau menetap harus berpindah agama. Selain dari itu, orang-orang Yahudi pun ikut terusir dari tanah ini. Padahal, saat kekuasaan Islam sedang berjaya mereka mendapat tempat, kehormatan, dan pekerjaan yang layak oleh orang-orang Muslim Spanyol.

Yang sangat menyedihkan perpustakan-perpustakaan Islam ikut dibakar dan dihancurkan. Karya tulis yang sampai kepada kita hanyalah bagian terkecil dari karya-karya pemikir Islam di zamannya hingga sekarang sulit dicari tandingannya, yang sebagian besarnya dihancurkan dan dibakar. Alhambra yang megah pun dengan benteng yang berwarna kemerah-merahan kian tak terawat, kusam, dan tak terlihat wajah aslinya, dan dijadikan Istana Kristen. Kemudian, Masjid Kordoba yang megah didirikan oleh Sultan Abu Yusuf Al-Muwahhid pada tahun 785 M yang diperbesar pada tahun 848, 961, 1187 M., dialih-fungsikan menjadi Gereja Santa Maria de la Sede.

Dibalik Kisah Akhir Granada …

Siapa yang tidak tahu kebiasaan jahil yang masih sampai detik ini selalu dirayakan oleh umat manusia, terlebih lagi dirayakan pula oleh umat Islam di seluruh dunia yang biasa kita namakan dengan”April Mop”?

Ane harap 4antumers tidak ada yang merayakannya … ^_^ termasuk ane tentunya …

Bagi umat Islam April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya seiman disembelih dan dibantai oleh tentara Salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas jika ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Sebab dengan ikut merayakan April Mop, sesungguhnya orang-orang Islam itu ikut bergembira dan tertawa atas tragedi tersebut. Siapa pun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, beberapa abad silam.

Keesokan harinya, ribuan penduduk Muslim Granada yang keluar dari rumah-rumahnya dengan membawa seluruh barang-barang keperluannya beriringan jalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai tentara Salib bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumahnya. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah-rumah yang Telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika para tentara Salib itu membakari rumah-rumah tersebut bersama orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. sedang tentara Salib itu telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Salib itu segera membantai dan menghabisi umat Islam Spanyol tanpa perasaan belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Dengan buas tentara Salib terus membunuhi warga sipil yang sama sekali tidak berdaya.

Iklan

14 thoughts on “Kota Itu Bernama Granada …

  1. wa’alaikumsalam,, ^_^
    wah lengkap, Islam telah membangun peradaban dunia…
    andai seluruh dunia mengakuinya, Islam tidak akan pernah dijauhi,
    ia malah akan didambakan…untuk membangun sebuah peradaban dunia
    kearah yang lebih cerah…

    Tapi kaum yang benci Islam tidak akan pernah suka dan ridho melihat
    Islam ini masyhur, mereka akan selalu mencari cara menistakan, tapi
    Allah tidak akan membiarkannya…insya Allah,

  2. maaf Adiaz, kalau menyulitkan pada postingan kami,..hiks jadi sedih…

    itu hanya gambaran tentang banyaknya para “ahli”, melakukan pembenaran-pembenaran pada setiap masalah dengan hanya berpendapat pada sudut pandangnya sendiri, tanpa merangkul pendapat yang lain.

    melakukan pembenaran pada masalah yang bersinggungan dengan moral, etika, adab….
    yang membuat bingung masyarakat awam.

  3. april mop, ya Adia…jadi tahu setelah membaca ini, sebelumnya seperti lelucon atau kejutan-kejutan yang kadang tidak lucu mengenai April Mop, Tetapi sekarang malah semakin dan memang tidak lucu lagi.

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s