Hak dan Kewajiban (Tanggung Jawab)


Assalamu’alaikum …

Posting … posting … posting …

Anak – anak … hehehe … maksudnya antum semua …

Kali ini ane mau posting tentang hak dan kewajiban. Hayo … siapa yang sudah melaksanakan kewajiban dengan baik dan benar ???

Hehehe …

Ane nggak butuh jawaban lisan melainkan tanyalah dan jawablah dengan kata hati antum semua …

Oke … bahasan pertama jelas tentang kewajiban.

Terkadang untuk mendengar kata ‘kewajiban’ kita terngiang dengan apa yang dinamakan dengan sebuah beban. Salah, kewajiban memang suatu hal yang mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilakukan apalagi dengan rasa penuh tanggung jawab. Padahal, bila kita telaah kewajiban dan rasa tanggung jawab begitu erat kaitannya.

Silakan instropeksi diri sendiri apakah kita sudah menjalankan kewajiban dengan penuh tanggung jawab atau belum? atau malah kita sudah menuntut hak kita terlebih dahulu sebelum melaksanakan kewajiban kita?

Kewajiban di sini bukan hanya sebagai warga negara yang baik, melainkan juga sebagai hamba atau makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Sudahkah kita menjalankan kewajiban dengan niat tulus dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab?

DEFINISI HAK DAN KEWAJIBAN

Hak adalah berbagai hal yang harus kita peroleh dari orang lain. Kita harus menghormati hak orang lain sebelum menagih apa yang menjadi hak kita.

Kewajiban adalah segala sesuatu yang wajib/harus kita kerjakan. Biasanya kewajiban merupakan hak orang lain yang harus kita tunaikan. Segala bentuk kewajiban harus segera dilaksanakan, jika tidak dilaksanakan akan berpengaruh buruk bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Silakan baca di sini.

Sebelum dan sesudahnya, untuk menyelaraskan antara hak dan kewajiban kita, kita pun harus menyadari apa – apa yang menjadi kewajiban kita sebelum menuntut hak kita. Memang terkadang hak yang kita inginkan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan / tidak sesuai dengan kenyataan, tapi justru di sinilah kunci pahala yang nantinya akan kita dapatkan kelak.

Sesungguhnya Allah SWT telah menakar apa yang kita lakukan di dunia. Bila kita merasa kewajiban kita telah ditunaikan belum tentu di mata Allah SWT semua tertunaikan dengan sempurna. Oleh karena itu, yakinkan pada diri bahwa kita akan mendapatkan hak kita secara utuh tanpa ada sedikit pun kekurangan. Kuncinya niat, ikhlas dan bersabar …

Bila ada yang ingin menambahkan … tafadhol … ^_^

Alasan posting ini ???

Pertama, karena tugas kuliah …

Kedua, menyadari bahwa selama sakit beberapa hari ini, kewajiban ane banyak yang terbengkalai padahal gaji sudah di tangan (jadi merasa nggak enak …)

Ketiga, untuk berbagi apa yang ada di hati kepada antum …

Semoga postingan ane bermanfaat untuk antum …

^_^

2 Comments Add yours

  1. iswady berkata:

    baru tau kalau 4antum ada juga di wordpress. saya setuju bahwa kita harus mendahulukan kewajiban, cuma terkadang pimpinan lupa hak bawahannya.

    1. Shafiqah Treest berkata:

      ^_^

      salam kenal k iswady …

      yuphz, itu dia permasalahannya, ini pelajaran untuk kita bila kelak kita menjadi seorang pimpinan …

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s