Tahun 2010 Disambut Aneka Fenomena Alam



Hari pertama Tahun Baru 2010, selama Tahun Baru tersebut akan terjadi gerhana bulan parsial, para astronom mengatakan ini adalah peristiwa yang pertama sejak ribuan tahun terakhir. Selain itu, dalam 15 hari pertama Tahun Baru, orang-orang masih bisa melihat hujan meteor, serta akan melihat pemandangan ajaib dari gerhana matahari yang langka sejak ribuan tahun.

Menurut berita koran South East Express, Pan Xiaoqing Wakil Sekretaris Jenderal Astronomi Masyarakat Province Fujian mengatakan bahwa 2009 sampai 2010, bulan, bumi dan matahari tiga planet bertepatan bergerak ke posisi yang memudahkan terjadinya fenomena langit, sehingga dalam dua tahun beberapa keajaiban astronomi akan terjadi. Selain itu, ia telah melakukan pengamatan keajaiban astronomi dan memberikan peringatan dan pedoman yang relevan.


Pemandangan gerhana bulan pada 1 Januari

Gerhana parsial bulan sekali ini akan terjadi dari jam 02:51 hingga pada jam 3:22 pada tanggal 1 Januari mencapai maksimum gerhana, pada jam 3:54 akan berakhir, seluruh proses akan berlangsung satu jam.

Panduan Observasi: Saat itu melihat gerhana bulan tanpa memerlukan langkah-langkah untuk mengurangi cahaya, asalkan cuaca baik, bisa melihatnya langsung menggunakan mata telanjang. Perlu diingatkan bahwa dalam satu jam sebelum gerhana, karena bayangan bumi menutupi bulan, cahaya bulan akan redup, tidak secerah sebelum adanya bayangan Bumi. Setelah lebih dari satu jam saat berakhirnya gerhana bulan, juga akan terjadi hal yang sama. “Pada saat seperti ini para pecinta fotografi perlu memperbesar eksposur waktu yang tepat.”

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan malam Tahun Baru 2010 di Jakarta dan sekitarnya akan diguyur hujan yang disertai petir.

Menurut dia, kemungkinan terbesar cuaca seperti itu akan terjadi di seluruh wilayah selatan dan timur Jabodetabek. “Karena itu, kami mengimbau warga untuk waspada,” kata Harry Tirto. Untuk wilayah bagian selatan, potensi hujan besar terjadi di Jakarta Selatan, Bogor, dan Depok. Sedangkan di bagian timur terjadi di Jakarta Timur dan Bekasi. Selain itu, kondisi yang sama juga terjadi di wilayah bagian barat seperti di Jakarta Barat dan Tangerang.

“Secara keseluruhan hujan berpotensi terjadi di seluruh wilayah,” ujarnya. Hujan deras diprediksi akan terus disertai angin kencang lantaran frekuensi fenomena alam tersebut telah berkurang.BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang diperkirakan terjadi pada 25-31 Desember 2009 yaitu terkait aktivitas badai tropis Laurence di daratan Australia bagian barat dan daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera.

“Badai ini memberi pengaruh terhadap aktivitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia sebelah barat dan selatan khatulistiwa,” ujarnya.

Harry juga meminta agar masyarakat memperhatikan aktivitas awan konvektif terkait temperatur yang cukup tinggi pada siang hari. Hal itu merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal yang akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir dalam waktu tidak terlalu lama.

Terjadi hujan meteor pada 3 Januari

Setelah selesai mengamati “anjing langit makan Bulan”, selanjutnya masyarakat juga bisa menikmati hujan meteor dari rasi bintang kuno. Seperti konstelasi bintang Quadrantids yang berdekatan dengan draco yang biasanya jarang disebut-sebut. Pada 3 Januari jam 20:00 – 24:00, diprediksikan pada konstelasi bintang tersebut ada ledakan hujan meteor pendek yang intensif. Selama waktu ini, puncak lalu lintas mencapai 120 butir per jam.

Panduan Observasi: Pada periode ledakan hujan meteor, jumlah hujan meteor diperkirakan mencapai puluhan hingga ratusan butir per jam. Disarankan agar para pengamat pergi jauh dari kota, jauh dari segala macam sumber cahaya buatan, mampir di pinggiran kota di puncak sebelah utara untuk menghitung jumlah bintang.

Gerhana cincin matahari pada 15 Januari

Pada 15 Januari masih ada satu kali lagi gerhana matahari. Ini adalah gerhana matahari cincin yang pertama kali sejak 22 tahun di china, juga adalah gerhana cincin matahari terpanjang di dunia selama 1.000 tahun. Di China yang pertama kali melihat gerhana cincin matahari adalah Propinsi Yunnan, dan kemudian Guizhou, Sichuan, Chongqing, Hunan, Shaanxi, Hubei, Henan, Anhui, Jiangsu, terakhir matahari terbenam Peninsula Shandong, total lebih dari 11 propinsi dan kota. Karena cincin itu sangat luas, kelangsungannya juga sangat lama, sangat jarang.

Perubahan rumit dalam fenomena langit tidak ragu-ragu lagi akan memberikan topik riset yang sangat baik kepada para astronom. Selain itu, dipandang dari catatan buku kuno, perubahan fenomena alam berkaitan erat dengan perubahan umat manusia.

Dalam Buku Perubahan China “Yi Jin” dikatakan: “langit tergantung pada fenomena, nasib baik atau buruk, seperti orang-orang kudus tergantung padanya.”

“Kita melihat astronomi, dalam rangka untuk mendeteksi perubahan waktu yang berbeda-beda.”

Orang zaman dulu menganggap “langit dan manusia sepadan,” “Langit dan Manusia bersatu,” dengan mengamati perubahan fenomena langit dapat menyimpulkan apa yang akan terjadi pada umat manusia. Jika manusia mengikuti perubahan langit, “langit” adalah lambang keberuntungan, pada dunia manusia pasti panen berlimpah-ruah, cuaca baik, hujan dan angin normal, masyarakat tenang dan damai; Bila kelakuan manusia berlawanan dengan langit, melakukan hal buruk, “langit” akan memberi pertanda buruk, bumi akan kering hujan kurang, bencana banjir, kekacauan, pemberontakan terjadi dll.

Oleh sebab itu, masyarakat kuno sangat memperhatikan pengamatan fenomena langit.

6 thoughts on “Tahun 2010 Disambut Aneka Fenomena Alam

  1. pas gerhana bulan kemaren seperti tertutup awan saja.
    hari ini bersiap2 untuk lihat hujan meteor,meski gak tinggal di puncak:(
    thx infonya🙂

  2. Informasi yang sangat menarik, saya juga sependapat bahwa ada keterikatan antara manusia dan alam. Banyak pelajaran dan isyarat yang dapat kita ambil dari alam. Karena bisa jadi Allah memberikan pelajaran kepada manusia melalui alam.

    Nice Post….

    Salam,
    MAKNA HIDUP >> Indahnya menjadikan hidup ini lebih bermakna.

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s