Jaga Kerapihan Yaa … ^_^


Pada saat kita hendak ke kantor, misalnya. Coba perhatikan sejenak, kita mandi dan cuci muka dengan sabun pembersih. Tidak ketinggalan, kita menyemprotkan pula minyak wangi atau pun sekedar memakai deodorant, menyisir rambut dengan hati-hati plus kalau sempat kita berkumur pakai cairan khusus pembasmi bakteri mulut. Pakaian yang dipilih pun tidak sembarangan, pasti yang terbaik, bahkan kita sering complain jika pakaian kita itu kusut. Kalau mau iseng-iseng kita hitung waktu yang dibutuhkan untuk melakukan itu semua, paling tidak minimal 5 – 10 menit.

Hal yang sama dapat kita temui pada istri kita, bahkan para kaum wanita untuk urusan dandan ini bisa berkali-kali lipat waktu yang dibutuhkan oleh mereka sampai mereka siap berangkat. Nah, itu saja baru mau berangkat ke kantor. Apalagi pada saat kita hendak memenuhi undangan suatu pesta pernikahan. Persiapan kostum kita pasti lebih hebat lagi. Terutama ibu-ibu, plus make-up dan segala remeh temehnya.


Sekarang coba kita bandingkan dengan persiapan yang kita lakukan ketika hendak melaksanakan sholat. Ketika wudhu pun kita melaksanakannya dengan tergesa-gesa. Bahkan biasanya anggota wudhu yang dibasuh pun hanya yang wajib-wajib saja. Gerakan wudhu yang cukup banyak itu bisa selesai dalam 2 menit (bahkan cuma 1 menit!). Bandingkan dengan waktu cuci muka, sikat gigi & berkumur saat mau berangkat kantor di atas. Jauh banget ye?

Memang untuk sholat kita tidak perlu pakaian yang paling bagus. Tapi cukup yang bersih (dan tentu sopan). Hal ini pun sering tidak kita perhatikan. Pernah saya lihat orang sholat memakai kaos oblong saja, bahkan kaos dengan gambar-gambar seronok yang sangat mencolok mata seperti kaos-kaos bertemakan humor yang tentu saja mengganggu konsentrasi orang-orang yang sholat dibelakangnya. Parahnya lagi, ada orang sholat pakai kaos bergambar produk yang diharamkan seperti bir !

Sekarang kita coba perhatikan ibu-ibu yang sholat di rumah. Mukena (pakaian sholat) nya entah kapan terakhir dicuci. Hitam-hitam disekitar kepala, bahkan baunya pun tidak sedap. Bahkan, – – maaf , di dalam mukena itu hanya memakai pakaian dalam saja, saking tergesa-gesanya disela kesibukan keseharian yang padat di rumah tangga.

Rentetan kejadian di atas mungkin mengakibatkan kita semua tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari sholat yang kita lakukan. Utk menghadap presiden saja, protokoler akan melarang siapa saja yang menggunakan celana jeans. ini untuk sholat, pakai jeans yang bolong di dengkul dan ditutup sapu tangan. uihh… sangat-sangat tidak sopan. Apakah kita lupa, sholat itu adalah menghadap sang penguasa yang Maha Tinggi?


KERAPIHAN

Kerapihan Adalah Meletakan barang yang kita perlukan,sehingga siapapun yang membutuhkan dapat mengetahui letaknya.

MANFAAT KERAPIHAN

Manfaat kebersihan/kerapihan yang baik:

1. Berkurangnya;

Angka cedera

Ancaman-ancaman bahaya kebakaran

Kerugian waktu

2. Tempat berharga teramankan

3. Tempat kerja lebih menyenangkan


KEDISIPLINAN

Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai – nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEDISIPLINAN

Ada beberapa faktor yang memperngaruhi kedisiplinan.

· Diri sendiri

· Keluarga

· Pergaulan di Lingkungan

MANFAAT KEDISIPLINAN SISWA

Manfaat kedisiplinan adalah membuat siswa menjadi lebih tertib dan teratur dalam menjalankan kehidupannya, serta siswa juga dapat mengerti bahwa kedisiplinan itu amat sangat penting bagi masa depannya kelak, karena dapat membangun kepribadian siswa yang kokoh dan bisa diharapkan berguna bagi semua pihak.

TATA TERTIB SISWA TENTANG KERAPIHAN

  1. Kehadiran Siswa

a.      Siswa hadir di sekolah pada hari-hari sekolah atau hari-hari yang ditentukan untuk tujuan dan kepentingan pendidikan.

b.      Hadir/tiba di sekolah sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai (KBM mulai pukul 06.30 WIB).

c.      Bila siswa terlambat hadir kurang dari 10 menit, dapat mengikuti pelajaran setelah mendapat izin dari guru piket dan guru bersangkutan.

d.      Siswa yang terlambat hadir dan tidak diijinkan masuk kelas pada jam bersangkutan, harus menunggu di ruang piket untuk dapat izin masuk pada jam pelajaran berikutnya.

e.      Siswa yang tidak masuk sekolah:

1)           Orang tua/wali wajib memberitahukan secara langsung atau melalui surat (tidak melalui telepon).

2)           Siswa tidak masuk dalam 3 hari berturut-turut karena sakit harus menyertakan surat keterangan dari dokter.

3)           Siswa tidak masuk dalam 3 hari berturut-turut tanpa keterangan, maka sekolah akan memanggil orang tua/wali dan tidak diwakilkan.

4)           Siswa yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan dari orang tua/wali dianggap alpha.

f.        Siswa tidak diperkenankan meninggalkan sekolah sebelum jam pelajaran selesai, tanpa seizin guru piket atau Kepala Sekolah.

g.      Siswa yang karena sakit atau alasan tertentu dipulangkan dari kelas/sekolah oleh guru yang bersangkutan wajib lapor pada guru piket atau Kepala Sekolah.

h.      Setelah seluruh pelajaran selesai. Siswa segera meninggalkan kelas/pulang dan kelas dikunci, bila ada kegiatan/tugas sekolah di luar jam pelajaran dan menggunakan ruang kelas harus mendapat izin dari sekolah.

  1. Kegiatan Belajar Mengajar

a.      Siswa wajib mengikuti seluruh mata pelajaran yang diberikan di sekolah.

b.      Siswa penuh perhatian dan sungguh-sungguh dalam menerima pelajaran.

c.      Menjaga ketertiban dan ketenangan selama kegiatan KBM berlangsung.

d.      Siswa melengkapi dan membawa perlengkapan belajar sesuai dengan yang ditetapkan oleh guru pengajar.

e.      Siswa wajib menyediakan alat pelajaran yang diperlukan menjelang pelajaran dimulai.

f.        Selama kegiatan belajar mengajar/KBM berlangsung siswa wajib mematikan Handphone (HP) atau alat komunikasi lainnya.

  1. Pakaian dan Penampilan

a.      Siswa wajib mengenakan seragam sekolah setiap hari sesuai dengan tata cara dan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

1)           Hari Senin dan Rabu

Putra/i mengenakan Pakaian Dinas Harian dengan Uniform Lengkap (Muts plus emblem, Epolet, monogram, name tag, dasi logo sekolah, Ikat pinggang logo sekolah, kaos kaki hitam dan sepatu hitam polos bertali)

2)           Hari selasa dan Kamis

Putra : Kemeja Putih, celana panjang abu-abu plus tanda lokasi     dan badge

Putri : kemeja putih, rok abu-abu plus tanda lokasi dan badge

3)           Hari Jum’at

Baju Batik lengan panjang logo sekolah + celana panjang warna hitam, kaos kaki hitam dan sepatu hitam polos bertali

4)           Hari Sabtu

Putra/I mengenakan kaos olahraga sepatu kets warna putih bertali

Semua kelengkapan/atribut seragam sekolah (badge, lokasi dan nama siswa harus dijahit).

b.      Baju seragam harus dimasukkan ke dalam celana atau rok, dan ketentuan ini berlaku sampai siswa pulang ke rumah dan bukan hanya selama jam sekolah.

c.      Siswa wajib memelihara kebersihan dan kerapihan rambut dengan ketentuan:

1)           Putra : panjang rambut model TNI/Polri

2)           Putri : panjang rambut tidak melebihi krah baju dan telinga.

d.      Siswa harus berpenampilan wajar, rapih dan sopan dengan tidak memakai perhiasan secara berlebihan.

  1. Iuran Sekolah dan Surat Menyurat

a.      Iuran Komite sekolah harus dilunasi sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

b.      Penundaan iuran Komite sekolah dari bulan yang sedang berjalan ke bulan berikutnya tidak dibenarkan dan diberikan peringatan atau teguran.

c.      Semua surat dari orang tua/wali yang berhubungan dengan administrasi atau KBM dialamatkan kepada wali kelas atau kepala sekolah.

d.      Semua surat pemberitahuan izin, sakit dan keterangan lainnya harus ditanda tangani oleh orang tua/wali yang bersangkutan.

  1. Pengawasan dan Kerjasama

a.      Orang tua/wali wajib mengawasi dan memantau kegiatan belajar dan hasil belajar anaknya.

b.      Guru bidang studi, wali kelas atau guru BP dengan sepengetahuan kepala sekolah/Pembantu kepala sekolah dapat mengirim surat panggilan kepada orang tua/wali berkenaan dengan keberadaan siswa.

c.      Orang tua/wali wajib memenuhi panggilan pihak sekolah sehubungan dengan persoalan/keberadaan anak disekolah.

d.      Orang tua/wali wajib mengontrol pembayaran uang sekolah atau iuran lainnya.

e.      Orang tua/wali wajib memberitahukan segera ke pihak sekolah bila terjadi perubahan alamat/tempat tinggal.

3 thoughts on “Jaga Kerapihan Yaa … ^_^

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s