Mencari Contoh Naskah Drama … ?


Pengertian Drama

Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalan suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara adalah sebutan lain dari drama di mana sandi adalah rahasia dan wara adalah pelajaran. Orang yang memainkan drama disebut aktor atau lakon.

Di bawah ini contoh naskah drama pendek.

Tikus-Tikus Nakal

Suasana di depan sekolah pada suatu siang sepulang sekolah. Terlihat seorang anak sekolah bernama Deri membeli beberapa kantung kacang dari sebuah warung.

Ia segera pulang ke rumahnya.

Suasana rumah Deri. Deri membuka sepatu dan kaus kakinya. Ia meletakkannya begitu saja di belakang pintu rumahnya. Ia lalu segera pergi ke kamarnya. Ibunya melihat tindakan Deri.

Ibu                   : (marah) “Deri, sepatumu jangan diletakkan sembarangan. Kan, sudah ibu sediakan rak khusus untuk menyimpan sepatu.”

Deri     : (menyeka keringat di keningnya) “Deri kan capek, Bu. Hari ini rasa nya gerah banget. Lagian, kan ada Bi Surti.”

Ibu      : “Bi Surti pulang kampung selama tiga hari. Lagian, kenapa kamu menanyakan Bi Surti?”

Deri     : “Biasanya kan Bi Surti yang suka membereskan sepatuku.”

Ibu       : (kesal) “Untuk hal seperti ini, Ibu rasa kamu bisa me ngerjakannya sendiri.”

Deri     : (segera mengambil sepatu dan kaus kakinya yang ber serakan) “Aahh… Ibu.”

Deri segera masuk ke kamarnya. Suasana berganti menjadi kamar Deri. Di kamar, terdapat sebuah tempat tidur kecil, kipas angin, meja belajar, dan sebuah tempat sampah. Deri merebahkan diri di atas tempat tidurnya. Ia melemparkan tasnya ke samping bawah meja belajarnya. Ia belum mengganti baju seragamnya. Lalu, ia menyalakan kipas angin.

Deri     : (sambil membaca buku yang diambilnya dari meja belajar) “Ahh… begini kan lebih enak….”

Deri membuka bungkus kacang yang ia beli tadi. Ia membuka satu per satu dan melemparkan begitu saja kulit-kulit kacang ke bawah tempat tidurnya.

Suasana malam. Deri tidak bisa tidur. Ia mendengar suara-suara aneh.

Ciiitttt… cit… cittt…. Deri ketakutan. Dari kolong tempat tidurnya, keluar seekor tikus.

Deri kaget. Ia paling takut pada tikus. Tidak berapa lama kemudian, beberapa ekor tikus keluar dari kolong tempat tidurnya. Deri mengambil sapu ijuk.

Deri     : (mencoba mengusir tikus-tikus) “Ukhhh… mengganggu saja!” (memukul seekor tikus)

Beberapa tikus malah menghampiri Deri.

Deri     : (ketakutan dan menjerit-jerit) “Ibu, Ibu tolongin Deri!”

Ibu       : (membuka pintu kamar Deri) “Ada apa kok kamu teriak-teriak?”

Deri     : (wajahnya pucat) “Ibu, banyak si Jerry!”

Ibu       : “Jerry, siapa itu Jerry?”

Deri     : (menunjuk ke bawah tempat tidurnya) “Maksud Deri banyak tikus kecil.”

Ibu :     (kebingungan) “Di mana?”

Deri     : “Itu di bawah tempat tidur Deri! Deri takut. Deri tidak mau tidur di kamar Deri.”

Ibu       : “Ya sudah, malam ini kamu tidur bersama kakakmu saja.”

Suasana pagi hari. Ibu masuk ke kamar

Deri. Ia kaget melihat sampah-sampah berserakan di bawah tempat tidur Deri.

Ibu       : (berteriak, mukanya cemberut)

“Derii…sini!”

Deri     : (memakai seragam sekolah) “Ya ada apa, Bu?”

Ibu      : “Lihat!” (menunjuk ke sampah yang berserakan) “Kamu jorok sekali. Pantas banyak tikus di kamarmu.”

Deri     : (malu dan tertunduk) “Habis bagaimana dong?”

Ibu       : “Lho kok, malah tanya. Mulai sekarang kamu harus menjaga kebersihan kamarmu. Kamu jangan membuang sampah sembarangan lagi. Kan, sudah ibu sediakan tempat sampah di kamarmu (menunjuk ke tempat sampah). Apa perlu Ibu membuatkan plang peringatan di sini?”

Deri     : “Ibu bisa saja. Deri janji tidak akan membuang sampah sembarangan lagi. Deri kapok sama si Jerry-Jerry nakal.”

Ibu       : (tersenyum) “Ya sudah, sekarang kamu pergi sekolah. Pulang sekolah nanti, kamu harus membersihkan kamar mu.”

Deri     : “Baik, Bu!”

Sejak saat itu, Deri selalu menjaga kebersihan kamar nya.

*dari berbagai sumber

About these ads

137 thoughts on “Mencari Contoh Naskah Drama … ?

  1. ass
    tolong buat kan naskah drama tentang perilaku gibah yg berjumlah 5 orang perempuan
    tolong sekali,soalnya buat tugas
    thanks………………(*-*)

  2. kak tolong donk buatin es teh manis (Drama yang baru) , , ,
    jangan pake gula yah (Jangan Lama-Lama) , ,
    And Thanks buats Makanan Nya (Drama Nah Om)

  3. bisa minta tolong buatin naskah drama yg pendek2 aj gk ……????? cpat yaa, aq ge btuh bget nech ……,,,
    pllllliiiiisss……!!!!!!

  4. tolong donk buatkan saya contoh teks naskah drama yang tema nya tentang anak sekolah yg bandel (cabut, ngerokok, dan berlem) bantu aq ya soal na kami ada pertandingan drama di sekolah. please bantu aq..

  5. naskahnya bguss2 bngt…. tp kok susah yach klu nyarik yg lucu, keren plus bkin ngakak….
    tlng d buatiin yach…. cz akku lg butuh buat tugas school….. jumlh anggotanya 5, 1 cowock, 4 ceweck….
    nich e-mail kku… achiiendhzye@yahoo.com ^_^

  6. wah bagus dramanya kebetulan aku mau di print untuk mengisi acaraultah saudaraku he..he…he……tolong dong kirimin drama yang seru,asyik,lucu dan menyedihkan ok..ok…ok……………………………………………………………………………

  7. Assalamu’alaikum wr wb
    Boleh minta tolong gak ?
    buatin aku naskah parodi tentang hari guru lah…… soalnya ada tugas…… plis y aku tunggu ……
    Wassalam

  8. Assalamualaikum
    kx law bsa tlg bwatin nskah drama untuk 10 orang, 6 cwek dan 4 cowok donk. temanya tntng pershabatan dan komedinya jgn lupa ya kak. tlg ya kx soal@ ni bwat tugas, oya nnti kk krm ja ke fb ku email_a
    dekyus43@yahoo.com.
    mkasih sblmnya ya kk

  9. Buatin aku drama dong.
    Buat 6 org, cwo 2 cwe 4.
    yg lucu, romantis. Tpii pngen add horor.a

    Kalo bisa bsok krim k.fb aku.
    Mksiih. :)

  10. tlong buatin qw nskah drma ea yg krngka nskah.a sbg brikut: suatu ketika disebuah prkmpungan trjdi prslisihan antra 2 kluarga yaitu kluarga mustofa dng margono. perihalnya adlh mslah utang piutng. pd saat itu margono hndak mnagih utang kpd mustafa sbgmn mustafa tlah mnjanjikan untk mlunasinya dng seekor krbau. nmun saat itu mustafa brkelit dng alsan krbaunya sdng myusuii. pliess buatin ea, btuh beud bwt bsok nieh. sblm.a thankssss ea…… nntkrim k email qw!!!!!!

  11. oi lai ngarati bhaso manusio ang.,.,,,.,.,,?
    tolong ang buek an texk drama untuak dn cpek
    indak ang den baeh,.,.,.,.,.,.,(pulang)
    uhkuhkhuk

  12. tolong dong dibuatkan naskah drama parodi tentang guru siswa dan orang tua siswa dalam hal sisi positf guru dan sisi negatif orang tua siswa ( rencana suaranya mo di dubbing
    balas di emailku ya tengkyu

  13. assalamualaikum ,
    tolong buatin aku naskah drama dong ,
    judul`a KESETIAKAWAN ,
    buat 10 orang .
    makasih ya .
    gak mau mjuga gpp . :-)

  14. bisaa bantuin kasih saran gak biikin drama cerita rakyat yg terdiri dr 8 pemain ..

    plis bantuin yah , aku butuh buat tugas sekolah ..

  15. Assalamualaukum WR.WB…
    Subhanallah,,,, Luar biasa naskah drama nya menarik sekali,,,.
    Kalau gak keberatan, jika ada naskah drama lucu untuk 35 orang pemain ada gak????? kalau ada boleh saya minta kirimkan ke email saya,,,…
    Terima kasih……,//

  16. tolong dong kirimkan drama lucu buat 4 cwek dan 1 cwok tentang sekolah , kalau ada kirim ke alamat email saya (derrytorani@yahoo.co.id) mohon di kasih nya

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s