Alhamdulillah, It’s Friday (AL-I-F)


Assalamu’alaikum wr. wb.

 Happy  Jum’at Mubarok …

FRIDAY 1

 Jum’at adalah hari istimewa bagi umat islam. Rasulullah SAW bersabda : penghulunya hari adalah hari Jum’at. 

Dari jabir bin abdillah ra, Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang mengatakan tatkala mendengar seruan ( adzan ) :
Allohuma rabba hadzihi ad-da’wah ataamah wa sholatul qoo’imah aati muhammadan al wasilah wal fadzilah wab atshu waqoman mahmudan aladzi wa’ adtahu

(Ya Allah, Robb yang menguasai seruan yang sempurna ini dan sholat yang akan di dirikan ini, berilah Muhammad wasilah dan keutamaan …
dan utuslah beliau ke tempat yang terpuji seperti yang Engkau janjikan)

maka orang tersebut pasti mendapatkan syafa’at dari-KU kelak di hari kiamat …
(HR. Bukhari : 614) 

***

FRIDAY 2

>>> Di Balik Kisah di Hari Jum’at …

Ternyata menarik juga sejarah hari Jum’at di berbagai negara. Kalau bahasa Anglo Saxon, Jum’at itu sebutannya frigedaeg or frige dag, kalau bahasa Jermannya Freitag. Jum’at dalam bahasa latin itu Dies Veneris, Sukra-var dalam Hindu, Juma dalam istilah Islam, Vendredi dalam bahasa Perancis dan orang Jepang menyebutnya kin youbi.

Hari Jum’at dalam kepercayaan Roma kuno merupakan hari yang dipersembahkan untuk dewa cinta, Venus. Mereka percaya bahwa hari Jum’at menjadi hari paling indah untuk pernikahan, menyatakan cinta, berbulan madu atau memanjakan keluarga sebagai bentuk cinta.

Sementara, warga Perancis percaya bahwa hari Jum’at merupakan hari yang baik untuk mendapatkan awal mula segala hal, seperti kabar baik, pekerjaan atau membangun bisnis.

Lain lagi di komunitas tradisional di wilayah-wilayah Eropa. Cukup banyak dari mereka percaya bahwa Jum’at adalah hari ketidakberuntungan atau hari buruk, karena di hari inilah Yesus Kristus disalibkan. Konon, Jum’at juga merupakan hari dimana Adam memakan buah Khuldi dan lalu mendapat hukuman turun ke bumi.

Dalam ritual Katholik Roma, hari Jum’at merupakan hari yang punya tradisi berpantang. Di hari Jum’at, warga Katholik Roma kerap menghabiskan sepanjang hari untuk melakukan ritual do’a pribadi untuk menguatkan iman dan memohon kehidupan yang lebih baik. Karena merupakan hari yang pantang untuk beraktifitas, umumnya mereka juga menghindari melakukan perayaan atau datang ke hari ulang tahun atau pernikahan. Juga dilarang memancing, tidak boleh potong kuku atau bahkan memulai aktifitas kerja di kantor baru.

Komunitas Katholik Roma juga konon mengikuti sebuah sajak kuno tentang hari Jum’at yang kalau terjemahan bebasnya berbunyi : siapapun yang lahir pada hari Jum’at atau pada malamnya, dia akan dikutuk sebagai laki-laki, bodoh, selalu berpikir seperti setan dalam hatinya, akan menjadi pencuri dan pengecut yang hebat, serta tidak akan panjang umur tapi akan segera mati muda. 

FRIDAY 3

Tapi kontradiksi di negara itu tetap ada. Konon, bayi yang lahir di hari Jum’at diprediksi akan menjadi pertanda baik. Hal itu terjadi pada Christopher Colombus yang di tahun 1492 mulai berlayar menjelajah dunia … dan dia berangkat tepat di hari Jum’at.

Di Hongaria, berkembang juga dongeng tradisional tentang pertanda buruk kelahiran di hari Jum’at. Mereka yang lahir di hari itu dipercaya tidak akan pernah beruntung nasibnya. Untuk menghindari kesialan, ada tradisi berupa menorehkan darah mereka yang lahir di hari Jum’at di baju – baju usang mereka sendiri dan lalu dibakar. 

 ***

Jum’at – Konspirasi Arab Saudi Menghancurkan Islam 

 Imam Khomeini yakin bahwa Islam merupakan agama untuk membimbing manusia dalam seluruh tahapan dan dimensi kehidupan individual dan sosial. Dan karena hubungan sosial dan politik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, maka Imam Khomeini memandang bahwa Islam yang memperhatikan aspek ibadah dan akhlak individual semata, dan mencegah kaum Muslim dari menentukan masa depan dan masalah-masalah sosial dan politik adalah Islam yang menyimpang, dan menurut ungkapan Imam “Islam Amerika”. (Abu Qurba)

>> bersambung ke bagian 2 << 

 *) dari berbagai sumber
Iklan

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s