Pribadi Merdeka


Assalamu’alaikum …

Menjadi pribadi merdeka adalah pribadi yang memiliki kebebasan dalam memfilter segala sesuatu yang datang menghampiri atau pun kebebasan dalam arti menyampaikan keinginan hati. Pribadi merdeka adalah pribadi yang terbebas dari komentar-komentar orang lain yang membuat kita menjadi merasa terbebani. Sedangkan kebebasan yang hakiki adalam kebebasan untuk menyampaikan aspirasi dengan batasan-batasan yang berlaku.

Bukan Pribadi Merdeka

Banyak orang yang menyerah dan putus asa karena masih terkekang oleh komentar-komentar negatif orang lain yang ada di sekitarnya. Mungkin ada rasa takut gagal, malu, pesimis atau bahkan takut tidak akan mendapatkan pengakuan dari orang lain apabila ia gagal melakukan sesuatu atau tidak berhasil mencapai puncak prestasi.

Hal ini dilingkupi oleh ketidakpuasan kepada dirinya sendiri yang tidak percaya akan kemampuannya sendiri sehingga pendirian diri goyah ketika ada komentar-komentar yang datang kepadanya. Pendirian diri inilah yang perlu kita garis bawahi agar kita senantiasa memiliki pendirian diri atau prinsip hidup. Prinsip hidup yang dibutuhkan adalah prinsip hidup yang istiqomah atau konsisten.

Jadilah pribadi merdeka yang bisa menerima segala kritik atau saran atau masukan dari orang lain yang sifatnya membangun pencitraan diri kita menjadi lebih baik, namun tidak berarti menutup diri kita untuk tidak mendengarkan komentar-komentar dari orang lain. Buatlah diri kita merasa senyaman mungkin dengan komentar orang lain dan menganggap bahwa semua itu adalah bentuk perhatian dari orang lain terhadap kita.

Buka hati kita untuk menerima segalanya dan rapatkan hati kita untuk melawan kata pesimis, menyerah dan putus asa. 

3 thoughts on “Pribadi Merdeka

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s