Memaknai Arti Berbagi


Assalamu’alaikum …

Berbagi itu penting. Terlebih ketika kita merasa hidup ini berkecukupan. Berkecukupan hingga kita merasa perlu untuk memberi tanpa perlu takut kekurangan di hari kelak. Bukankah apa yang kita keluarkan akan lebih besar balasannya nanti?

Hari ini, aku mendapat banyak sekali pengertian tentang berbagi. Berbagi tidak hanya pada materi, waktu atau tenaga melainkan juga dari kasih sayang. Allah SWT memberikan segalanya untuk kita dan semua dengan percuma. Materi … itu bisa dicari. Waktu … itu bisa dimanfaatkan. Tenaga … ini bisa membantu. Lalu, bagaimana dengan Kasih Sayang?

Kasih sayang

Berbagi dengan kasih sayang artinya memberi juga menerima. Bila kita memberi kasih sayang, artinya kita telah memberikan senyuman dan keringanan … bila kita menerima kasih sayang, artinya kita baru saja dihargai oleh seseorang dan dianggap keberadaan kita.

Satu pelajaran yang menyimpan begitu banyak pandangan mengenai hal tersebut. Tinggal bagaimana kita merealisasikannya dalam kehidupan. Tak pelak, kita selalu dirundung emosi yang mengaburkan kasih sayang itu sendiri, tapi inginkah kita rugi dengan semua itu? Dengan materi, waktu dan tenaga yang kita miliki hanya karena itu? Bukankah tak sulit untuk tersenyum dan mulai berbagi.

Ingat … mulailah dari kita karena kita bukan siapa-siapa atau mulailah dari kita karena kita bisa …!!!

Jangan pernah mengecilkan sesuatu yang telah diberikan kepada kita atau apa yang sudah kita berikan kepada mereka, tetapi kecilkanlah diri kita bila kita tidak bisa berbuat apa-apa di sisa usia kita!!!


Catatan Neyna di penghujung senja … (penggalan kisah dalam Buku ‘Panggil Aku Neyna’ karya Shafiqah Adia Treest).

Berkasih sayang

Iklan

9 thoughts on “Memaknai Arti Berbagi

  1. saya jadi ingat nasehat rasulullah untuk menebarkan salam, ketika kita mengucapkan salam kepada sepuluh orang itu artinya kita mendoakan mereka dan akan mendapatkan doa dari sepuluh orang tersebut… bukankan ini sangat bermanfaat…….

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s