Fungsi Gunung


Assalamu’alaikum …

 

Belakangan ini banyak yang mencari informasi mengenai gunung atau pegunungan. Hmm … jadi tertarik untuk mengulasnya juga … ^_^

Pegunungan

Menurut temuan – temuan geologis, pegunungan itu muncul sebagai hasil dari pergerakan dan perbenturan lempeng raksasa yang merupakan kerak bumi. Lempeng – lempeng ini amat besar dan membawa semua benuanya. Bila dua lempeng bertabrakan, yang satu biasanya tergelincir di bawah yang lain dan puing – puing di antara keduanya terangkat. Tonjolan besar di puing – puing yang terpadatkan ini membentuk pegunungan dengan terangkat lebih tinggi daripada sekelilingnya. Sementara itu tonjolan yang merupakan pegunungan bergerak di bawah tanah selain yang di atas tanah.

Kerak bumi

Sangat menarik untuk dicatat bahwa fakta – fakta teknis yang ditemukan oleh geologi modern di masa kita sekarang telah terungkap dalam Al Qur’an ribuan tahun yang lalu. Dalam suatu ayatnya tetang pegunungan, Al Qur’an menyatakan bahwa :

“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia memancangkan gunung – gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan Dia memperkembangbiakkan padanya segala macam jenis binatang …” (QS. Luqman : 10).

 

Pegunungan

Fungsi geologis gunung yang sebenarnya adalah untuk mencegah getaran. Sebuah ayat lain dalam Al Qur’an menjelaskan bahwa :

“Dan, telah Kami jadikan di atas bumi ini gunung – gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan – jalan yang luas, supaya mereka mendapat petunjuk.” (QS. Al Anbiya’ : 31)

 

 

28 thoughts on “Fungsi Gunung

  1. ulasan yg menarik🙂
    akhir2 ini semakin banyak rahasia al-Qur’an yang mulai terungkap mulai dari pembentukan alam semesta yang di jelaskan panjang lebar di karya harun yahya sampai yg di jelaskan mbak shafiqah…
    mudah2an semua kebenaran ini menjadikan kita lebih semangat lagi dlm beribadah😀

  2. ternyata gunung itu tidak diam saja ya. gunung juga bergerak dan berjalan-jalan layaknya kita bergerak dan berjalan di muka bumi.
    maha besar Allah terhadap segala penciptaanya..

  3. Kudu dijaga dan dirawat, jangan sampai ketika melakukan pendakian orang-orang melakukan hal-hal yang justru merusak gunung supaya dia selalu bisa melindungi wilayah dibawahnya bukan sebaliknya..

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s