Kodifikasi Al Qur’an


Assalamu’alaikum …

 

Alhamdulillah request kembali menghampiri 4antum. Kali ini request datang datang dari saudari ane (tetangga sebelah) … heheh …

Ukhti ini request mengenai pengumpulan Al-Qur’an … hmm … sebenernya sudah lama beliau request tetapi mengingat keterbatasan ane dalam hal ini, maka ane pun langsung menghubungi karib ane (Ummi Tri) yang Insya Allah memiliki referensi tentang ini. Alhamdulillahnya, ane dimudahkan untuk mendapatkan referensinya. Silakan dibaca … tafadhol …

 

Al Qur'an

 

KODIFIKASI (PENGUMPULAN) AL-QUR’AN

Sebenarnya, pengumpulan atau kodifikasi Al Qur’an itu sudah berjalan sejak pertama kali Al Qur’an itu diturunkan, seperti dengan menggunakan metode setoran hafalan.

Hal ini sudah dimulai sejak zaman Rasulullah SAW. Rasulullah SAW selalu membacakan wahyu yang diterimanya kepada para sahabat kemudian memerintahkan para sahabat agar menghafalkannya juga.

Rasulullah SAW pun tidak mengizinkan para sahabat untuk menuliskan sesuatu dari Rasulullah SAW selain Al Qur’an sebab Rasulullah SAW khawatir Al Qur’an akan tercampur dengan yang lain.

Muslim meriwayatkan dari Abu Said Al Khudri, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Janganlah kamu tulis dari aku. Siapa yang menuliskan dari aku selain Al Qur’an, hendaklah dihapus. Ceritakan apa yang dariku dan itu tiada halangan baginya. Siapa yang berdusta atas namaku, dia akan menempati tempatnya di atas api neraka.”

 

 

Al Qur'an

 

Meskipun sesudah itu Rasulullah SAW mengizinkan sebagian sahabat untuk menulis hadist, tetapi hal yang berhubungan dengan Al Qur’an tetap didasarkan pada riwayat melalui petunjuk di zaman Rasulullah SAW di masa kekhalifahan Abu Bakar dan Umar r.a.

Nabi Muhammad SAW kemudian memberikan nama surat kepada ayat – ayat yang telah diturunkan berdasarkan petunjuk dari Allah SWT, yang telah mencapai satu surat untuk membedakan antara surat yang satu dengan surat yang lain. Penyusunan ayat – ayat dan penempatannya di dalam susunan Al Qur’an juga dilakukan berdasarkan petunjuk Nabi Muhammad SAW. Cara pengumpulan Al Qur’an yang dilakukan di masa Nabi Muhammad SAW sampai Al Qur’an sempurna diturunkan memakan waktu kurang lebih 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari.

Malaikat Jibril pun datang kepada Rasulullah SAW untuk memeriksa bacaan dan hafalan Al Qur’annya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kemurnian Al Qur’an. Malaikat Jibril biasa memeriksa dan mengontrol bacaan Rasulullah SAW dengan cara menyuruhnya mengulangi bacaan ayat – ayat yang telah diwahyukan.

 

Source : 10BBAQ

Iklan

One thought on “Kodifikasi Al Qur’an

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s