Cinta Seorang Akhwat


Assalamu’alaikum …

Entah angin apa yang membuai hari ini, membuatku begitu berani mencoretkan sesuatu untuk dirimu yang tidak pernah aku kenali. Aku sebenarnya tidak pernah berniat untuk memperkenalkan diriku kepada siapapun. Apalagi mencurahkan sesuatu yang hanya aku khususkan buatmu sebelum tiba masanya. Kehadiran sseorang lelaki yang menuntut sesuatu yang kujaga rapi selama ini semata-mata buatmu, itulah hati dan cintaku, membuatku tersadar dari lenaku yang panjang.

Ibu telah mendidikku semenjak kecil agar menjaga maruah dan mahkota diriku karena Allah telah menetapkannya untukmu suatu hari nanti. Kata ibu, tanggungjawab ibu bapak terhadap anak perempuan ialah menjaga dan mendidiknya sehingga seorang lelaki mengambil-alih tanggungjawab itu dari mereka. Jadi, kau telah wujud dalam diriku sejak dulu. Sepanjang umurku ini, aku menutup pintu hatiku dari lelaki manapun karena aku tidak mau membelakangimu.


Aku menghalang diriku dari mengenali lelaki manapun karena aku tidak mau mengenal lelaki lain selainmu, apa lagi memahami mereka. Karena itulah aku sekuat ‘kodrat yang lemah ini’ membatasi pergaulanku dengan bukan mahramku. Aku lebih suka berada di rumah karena rumah itu tempat yang terbaik buat sorang perempuan. Aku sering merasa tidak selamat dari diperhatikan lelaki. Bukanlah aku bersangka buruk terhadap kaummu, tetapi lebih baik aku berwaspada karena contoh banyak di depan mata.

Aku palingkan wajahku dari lelaki yang asyik memperhatikan diriku atau coba merayuku. Aku sedaya mungkin melarikan pandanganku dari lelaki ajnabi (asing) karena Sayyidah Aisyah r.a pernah berpesan, “Sebaik-baik wanita ialah yang tidak memandang dan tidak dipandang oleh lelaki.” Aku tidak ingin dipandang cantik oleh lelaki. Biarlah aku hanya cantik di matamu. Apalah gunanya aku menjadi idaman banyak lelaki sedangkan aku hanya bisa menjadi milikmu seorang. Aku tidak merasa bangga menjadi rebutan lelaki bahkan aku merasa terhina diperlakukan sebegitu seolah-olah aku ini barang yang bisa dimiliki sesuka hati.

Aku juga tidak mau menjadi penyebab kejatuhan seorang lelaki yang dikecewakan lantaran terlalu mengharapkan sesuatu yang tidak dapat aku berikan. Bagaimana akan kujawab di hadapan ALLAH kelak andai ditanya? Adakah itu sumbanganku kepada manusia selama hidup di muka bumi? Kalau aku tidak ingin kau memandang perempuan lain, aku dululah yang perlu menundukkan pandanganku. Aku harus memperbaiki dan menghias pribadiku karena itulah yang dituntut oleh Allah. Kalau aku ingin lelaki yang baik menjadi suamiku, aku juga perlu menjadi perempuan yang baik. Bukankah Allah telah menjanjikan perempuan yang baik itu untuk lelaki yang baik?

Tidak kunafikan sebagai remaja, aku memiliki perasaan untuk menyayangi dan disayangi. Namun setiap kali perasaan itu datang, setiap kali itulah aku mengingatkan diriku bahwa aku perlu menjaga perasaan itu karena ia semata-mata untukmu. Allah telah memuliakan seorang lelaki yang bakal menjadi suamiku untuk menerima hati dan perasaanku yang suci. Bukan hati yang menjadi labuhan lelaki lain. Engkau berhak mendapat kasih yang tulen.

Diriku yang memang lemah ini telah diuji oleh Allah saat seorang lelaki ingin berkenalan denganku. Aku dengan tegas menolak, berbagai macam dalil aku kemukakan, tetapi dia tetap tidak berputus asa. Aku merasa seolah-olah kehidupanku yang tenang ini telah dirampas dariku. Aku bertanya-tanya adakah aku berada di tebing kebinasaan ? Aku beristigfar memohon ampunan-Nya. Aku juga berdoa agar Pemilik Segala Rasa Cinta melindungi diriku dari kejahatan.

Kehadirannya membuatku banyak memikirkan tentang dirimu. Kau kurasakan seolah-olah wujud bersamaku. Di mana saja aku berada, akal sadarku membuat perhitungan denganmu. Aku tahu lelaki yang menggodaku itu bukan dirimu. Malah aku yakin pada gerak hatiku yang mengatakan lelaki itu bukan teman hidupku kelak.

Aku bukanlah seorang gadis yang cerewet dalam memilih pasangan hidup. Siapalah diriku untuk memilih permata sedangkan aku hanyalah sebutir pasir yang wujud di mana-mana.

Tetapi aku juga punya keinginan seperti wanita solehah yang lain, dilamar lelaki yang bakal dinobatkan sebagai ahli syurga, memimpinku ke arah tujuan yang satu.

Tidak perlu kau memiliki wajah setampan Nabi Yusuf Alaihisalam, juga harta seluas perbendaharaan Nabi Sulaiman Alaihisalam, atau kekuasaan seluas kerajaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, yang mampu mendebarkan hati juataan gadis untuk membuat aku terpikat.

Andainya kaulah jodohku yang tertulis di Lauh Mahfuz, Allah pasti akan menanamkan rasa kasih dalam hatiku juga hatimu. Itu janji Allah. Akan tetapi, selagi kita tidak diikat dengan ikatan yang sah, selagi itu jangan dimubazirkan perasaan itu karena kita masih tidak mempunyai hak untuk begitu. Juga jangan melampaui batas yang telah Allah tetapkan. Aku takut perbuatan-perbuatan seperti itu akan memberi kesan yang tidak baik dalam kehidupan kita kelak.

Permintaanku tidak banyak. Cukuplah engkau menyerahkan seluruh dirimu dalam mencari ridha Illahi. Aku akan merasa amat bernilai andai dapat menjadi tiang penyangga ataupun sandaran perjuanganmu. Bahkan aku amat bersyukur pada Illahi kiranya akulah yang ditakdirkan meniup semangat juangmu, mengulurkan tanganku untukmu berpaut sewaktu rebah atau tersungkur di medan yang dijanjikan Allah dengan kemenangan atau syahid itu. Akan kukeringkan darah dari lukamu dengan tanganku sendiri. Itu impianku.

Aku pasti berendam airmata darah, andainya engkau menyerahkan seluruh cintamu kepadaku. Cukuplah kau mencintai Allah dengan sepenuh hatimu karena dengan mencintai Allah, kau akan mencintaiku karena-Nya. Cinta itu lebih abadi daripada cinta biasa. Moga cinta itu juga yang akan mempertemukan kita kembali di syurga.

by : 4antum 

53 Comments Add yours

  1. anafiatul munawaroh berkata:

    subhanallah,,,,bisakah sya sperti itu z

  2. chika berkata:

    . so sweet …. ^_^

  3. Susilowati Wati berkata:

    Assalamu’alaikum,,,,,,kisah yang dramatis,,,,mungkin kisahku akan sama dg note ini dengan orang yang tak pernah aku kenal,,,,cintaku kepada orang yang tak pernah aku kenal dalam kehidupanku,,,,,jika cinta ini salah aku hanya berharap dan berdo’a kepada Allah agar cintaku tak membuat aku jauh dari Allah,,,biarlah cinta ini tetap bertasbih dalam mihrob-MU yang tak lekang oleh waktu yang berlalu,,,,biarlah cinta ini hanya aku dan sang Kholik yang mengetahuinya,,,biarlah cinta ini tetap abadi dalam senandung tasbih kasih ilahi yang tak pernah padam,,,,cintailah seseorang karena Allah maka kau akan mendapatkan sebuah energi yang dahsyat utk selalu melakukan kebaikan.

    1. wa’alaikumsalam …
      syukron jiddan k susi … ^_^

  4. Cahaya Kehijauan berkata:

    seribu jempooool dah.. subhanalloh mba, mgkkn driku tak seanggun dan sebaik dirimu…smoga kelak cintamu berpaut kmbali, ckuplah ALLAH sebagai sandaran harap..ckuplah diammu mnjdi saksi bhwa kau mampu mnjaga kesucian cintanya…
    #pke ada salju n lagunye gni sih tmbah haru aja nih ^_^

    1. syukron y ukh ,,,
      ane ndak sesempurna itu koq …
      msh harus banyak belajar dari anti … ^_^

  5. rafliaja berkata:

    hha, untuk ‘orang itu’ ya? yang dimasa lalu kemudian di share lagi untuk ‘orang itu’ yang dimasa depan

    1. hmm …
      bingung jelasinnya ke abang …
      speechless …

  6. al fatih sang pejuang berkata:

    syubhanallah
    wanita adlah permata lautan syurga
    mengapa wanita dilahirkan dari tulang rusuk?
    karena ia berada dibawah kepala yanga rtinya ia tak boleh jadi pemimpin tapi harus dipimpin
    kenapa ia tak ada dibawah kaki.. karena wanita tak pantas diinjak injak melainkan dimulyakan..
    karena tulang rusuk dengan tangan yang artinya harus dilindungi
    dan ia paling dekat dengan hati yang atinya harus dicintai n dikasihi

    1. makasih comment’y k …

  7. Zeera Aviach berkata:

    Subhanallah….. Indah sekali,, semoga kita tergolong menjadi wanita sholehah….

  8. indah berkata:

    saya justru gagal….
    terlena dalam cinta…..

    tapi bagaimana cranya bertaubat…..

    saya rasa itu saja tidak cukup…..

  9. ima berkata:

    Subhanallah….
    membuat saiia tersadar dr sebuah mimpi atau bahkan kenyataan yg telah terjadi pada hidup saiia..

    syukron…..

    saiia ingin belajar bagaimana mencintai seseorang karena Allah…
    dan jg saiia ingin minta penjelas sebenarnya ada atau tidak pacaran yg islami ??
    jk ad bagaimana cra.ny ??

    terimakasiih ats jwabn.ny… saya tungguu

    1. cintailah ia dengan keyakinan bahwa ia adalah pilihan Allah SWT untuk anda … pilihan yang baik di mata Allah SWT bagi anda …
      dalam islam, tidak ada kata pacaran … jd tidak ada jawaban untuk pertanyaan ‘bagaimana caranya pacaran yang islami’ karena islam tidak mengenal istilah pacaran …
      ^_^

      insya Allah akan dibahas di 4antum mengenai hal ini …
      salam kenal …

      1. ima berkata:

        ima boleh minta email pribadi mba ga???
        pengen dekat dgn mba lbh dlam lg,,,

        klw ada sesuatu yg pngen di diskusikan ima bleh krim email k mba ???

        bleh ya ??
        hhee

  10. uc berkata:

    asslmkm,, ukh,, boleh ana copy n posting di blog ana g dgn ttp mncntmkan smber dari ukhti,,,?? syukron,,,, salam kenal,,

  11. Isna Wati berkata:

    subhalloh….
    cerita nya bagus……….
    kak shafiqah nanti bikin cerita yang lain yah… ^_^

  12. manifest berkata:

    jadilah pria idaman muslimah________

    our greeting mahasiwa STEI Husnayain

    1. ^_^

      hehehe …
      untuk ane dan muslimah lain : jadilah muslimah / calon istri dan ummi yang baik … dunia akhirat …

  13. eneng shann berkata:

    ahh , ukhti .. tulisan itu banyag menginspirasi ku ..
    jazakillah ..
    semoga mendapat apa yang menjadi impian .. =)

  14. anung berkata:

    duh jadi terharu bacanya..mudah-mudahan kita semua diberikan cinta sejati oleh-Nya. amin..

  15. ian berkata:

    saya cuman bisa bilang 4 kata
    cinta itu banyak rasa

  16. ayahsanny berkata:

    Cerita yg bagus, itulah Cintamu pada Allah semata. mampir juga bwt lihat tulisan ana.
    http://ayahsanny.blogspot.com
    salam
    abuTaqi-AbuHaqqi

  17. Kang Ahya berkata:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Merdeka, huft.. terbawa situasi..

    Gimana project kado tuk indonesianya ukh?? sukses???

    gi nyari kabar itu eh tertarik baca ini.. ternyata eh ternyata…

    Sukses ya Ukh…

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    1. wa’alaikumsalam wr. wb.

      afwan kang … ^_^
      alhamdulillah masih dalam kalangan pribadi az bukunya …
      syukron udah mampir di tengah kesibukannya … ^_^

      salam 4antum …

  18. isdiyanto berkata:

    menarik… MENARIK….

  19. abdul azis berkata:

    Subhanallah..
    jadi inget cerita tentang seorang Perjaka yang mau mengkhitbah seorang Putri.
    di mana Putri tersebut Buta,Tuli,Lumpuh.
    tetapi ternyata itu hanya Makna Kiasan saja, yang mengartikan betapa Sucinya wanita tsb 🙂
    Wallahua’lam..

    1. syukron y k azis udah mau mampir … hehehe …

      ^_^

  20. rudi berkata:

    subhanallah…..
    syukron mba shafiqah artikelnya di muat juga…semoga yang membaca dapat mengambil ibroh-nya…amiin

  21. woeland berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb…salam kenal n salam ukhuwah, notes n gambarnya bagus blh aq copas ga???

    1. Wa’alaikumsalam.wr.wb …

      salam kenal juga woeland …

      boleh … silakan …

      salam ukhuwah dari 4antum …

      ^_^

  22. Masdin berkata:

    (hiks komenku gak muncul… ini yang ketiga kalinya)

    Andai semua perempuan muslim memiliki idealisme seperti ini, niscaya amanlah dunia ini…. tetapi sayangnya yang terjadi justru kebalikannya… banyak wanita muslim yang bahkan tidak menghargai dirinya sendiri dengan mempertontonkan fenomena yang disebut “Berpakaian Tapi Telanjang“…. karena itu urgensi menundukkan pandangan di zaman ini benar-benar sudah sangat penting.

    1. ^_^

      Muncul koq … hehehe …
      maacih k masdin ,,,
      ini kiriman dari sahabat 4antum … senangnya klo bisa diterima sma antumers smua …

  23. tunsa berkata:

    masih banyak temennya, tenang aja.
    wanita memang harus menjaga kehormatan, dan suka di rumah.
    bagus, selamat berjuang mbak..

    1. ^_^

      maacih y…
      salam …

      1. tunsa berkata:

        sama2 mbak.
        mbak caranya bikin widget yang kayak blog ni “silakan kunjungi” biar bisa scroll naik turun

  24. Adi berkata:

    subhanallah…
    Tulisan yang sangat bagus…
    Hampir netes juga ne bacanya..
    Salam..

    1. syukron k adi …
      salam 4antum … ^_^

  25. bluethunderheart berkata:

    nice
    menarik
    salam hangat dari blue

    1. maacih …
      salam 4antum …

      ^_^

  26. putri fajar berkata:

    subhanalloh…
    indah sekali..
    begitulah seharusnya seorang perempuan menjaga cinta dan izzahnya..

    hmm,,, saya masih belum bisa seperti itu 😦

    1. ^_^

      kita sama2 belajar y putri fajar …

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s