Islam dan Dunia Barat


Assalamu’alaikum …

Kembali posting yang ane ambil dari sebuah buku ‘MR – Hasan Al Banna’ …

Semoga bermanfaat dan dapat kita ambil ibrahnya … tafadhol …

ISLAM TIDAK MENGERUHKAN HUBUNGAN KITA DENGAN BARAT

Ada sebagian orang menuduh bahwa sistem islam (dalam alam kehidupan modern ini) menjauhkan kita dari negara-negara barat dan mengeruhkan hubungan politik antara kita dengan mereka, yang sebelumnya. Berjalan harmonis. Tuduhan itu tentu saja tanpa dasar dan merupakan lamunan belaka. Akan halnya negara-negara itu, kalau mereka tetap berburuk sangka kepada kita.

Memang begitulah jalan pikiran mereka, baik kita mengikuti islam maupun tidak. Namun, jika saja mereka dengan tulus mau memberikan kepercayaannya kepada kita sebenarnya para juru bicara dan para. Politisi mereka juga sering berkata lantang bahwa setiap negara itu bebas menentukan sistem ideologi yang akan dijadikan pijakannya, sepanjang tidak merampas hak-hak bangsa lain.

Para pemimpin politik negara-negara itu seharusnya paham bahwa islam sebagai sistem kenegaraan adalah sistem paling mulia lagi sakral yang pernah dikenal oleh sejarah. Sedangkan dasar-dasar ideologi yang diletakkan oleh islam yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga kemuliaannya, adalah dasar-dasar ideologi paling kokoh yang pernah dikenal manusia.

Islamlah yang mengumandangkan pemeliharaan hak dan penunaian perjanjian, sebagaimana tersurat dalam firman-nya, “tepatilah janji. Sesungguhnya janji itu akan dipertanggungjawabkan (di hadapan allah).” (al-isra’: 34) “kecuali orang-orang musyrik yang kamu telah mengadakan perjanjian (dengan mereka) dan mereka tidak mengurangi sesuatu pun (dari isi perjanjianmu) dan tidak pula membantu seseorang yang memusuhi kamu, maka terhadap mereka itu penuhilah janjinya sampai batas waktunya.

Sesungguhnya. Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa.” (at-taubah: 4) “maka selama mereka berlaku lurus terhadapmu, hendaklah kamu berlaku lurus pula terhadap mereka.” (at-taubah: 7) mengenai perlakuan baik terhadap orang-orang yang minta perlindungan dan pihak yang memberi perlindungan, allah swt. Berfirman, “dan jika seorang di antara orang-orang musyrik itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya sempat mendengarkan ayat-ayat allah, kemudian antarkanlah ia ke tempat yang aman.” (at-taubah: 6)

Ini semua adalah perlakuan terhadap orang-orang musyrik, maka terhadap orang-orang ahli kitab tentu lebih lunak lagi. Ajaran islam, yang meletakkan dasar-dasar ideologi ini kemudian mengarahkan umatnya agar komitmen kepadanya, dan memberi jaminan keamanan kepada orang lain agar orang lain pun memperlakukannya dengan sikap serupa.

Seharusnya, sikap yang demikian itu menjadi pelajaran bagi negara-negara barat. Bahkan, kami menegaskan pula bahwa eropa mestinya akan lebih baik jika dalam mengendalikan bangsa-bangsanya menggunakan sistem ini. Dan tentunya ia (islam) lebih baik dan lebih menjamin keabadiannya.

… Salam 4antum …

… Shafiqah Adia Treest …

13 thoughts on “Islam dan Dunia Barat

  1. Menurutku karena baratnya sendiri yang cari-cari musuh. Dasarnya mereka itu serakah dan pengin menang sendiri. Itu masalah dasaranya

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s