Have Fun Yunani


Assalamu’alaikum …

Entah kenapa, dari dulu sampe sekarang ane masih bercita – cita ingin keliling Yunani setelah ane pergi haji nanti. Amin. (itu pun kalo ada rezeki … hehehe …)

Udah diniatkan dalam hati.

Abis pergi haji, ane pengen deh ke terbang ke Yunani sama keluarga ane. Ane berasa di hipnotis oleh keindahan Yunani.

Sebelum ane ke Yunani, ane mau posting dulu tentang negara mitologi itu. Jadi ketika suatu saat ane diizinkan pergi ke sana, ane tahu sejarahnya. (Biar nggak malu – maluin banget gitu … ^_^)

Apa yang kamu ketahui tentang yunani? Yunani merupakan sebuah negara dengan peninggalan sejarah yang sangat mengagumkan. Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi obyek wisata yang ada di yunani. Kota dengan nuansa alam dan bangunan bersejarah peninggalan kerajaan yunani. Negara dengan peradaban yang paling tua, dan memiliki nilai historis yang sangat kental.

YUNANI, Negeri Impian …

Yunani secara resmi disebut Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia), adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat yang berada di Eropa bagian selatan. Yunani memiliki kesinambungan sejarah lebih dari 5,000 tahun. Bangsanya, disebut Hellenes.

Sejarah

Selama periode Kalsik (Abad ke 5 S.M.), Yunani terdiri dari daerah-daerah bagian kecil dan besar dalam bermacam-macam bentuk internasional (sederhana, federasi, federal, konfederasi) dan bentuk-bentuk internal (kekerajaan, tirani, oligarkhi, demokrasi konstitusional, dan lain-lain) yang paling terkenal ialah Athena, diikuti oleh Sparta dan Thebes.

Pada paruh kedua abad ke 4 S.M., banyak daerah-daerah bagian di Yunani membentuk sebuah Aliansi (Cœnon of Corinth) yang dipimpin oleh Alexander Agung sebagai Presiden dan Panglima (Kaisar) dari Aliansi Raja dari Macedonia (“Yunani takabara” dalam bahasa persia kuno).

Pada tahun 146 S.M., Aliansi diatas jatuh ke bangsa Romawi. Pada tahun 330, ibukota negara bagian Romawi berdiri di daerah baru, Roma Baru atau Konstantinopel, sebuah bentuk popular, sebuah nama untuk memperingati Kaisar Romawi, pada saat itu, Konstantin Khloros (Konstantin Agung). Para ahli sejarah sejak abad ke 19 lebih memilih, untuk alasan referensi, menamakan periode terakhir sebagai Bizantium dengan tujuan untuk membedakan 2203 tahun wilayah Romawi menjadi dua periode.

Selama periode kedua dunia budaya Yunani klasik dari Yunani Kuno berubah menjadi dunia modern masyarakat barat dan kristen. Kata Bizantium diambil dari wilayah yang sudah ada sebelumnya (Bizantium, dengan Megara sebagai Metropolis) dimana ibukota baru berada, Konstantinopel.

Setelah ibukota dan wilayah jatuh ketangan Turki pada tahun 1453, bangsa Yunani berada dibawah kekuasaan Ottoman hampir selama 400 tahun. Selama masa ini bahasa mereka, agama mereka dan rasa identitas diri tetap kuat, yang menghasilkan banyak revolusi untuk kemerdekaan meskipun gagal.

Pada tanggal 25 Maret 1821, bangsa Yunani memberontak kembali, kali ini berhasil, dan pada tahun 1828, mereka mendapatkan kemerdekaannya. Sebagai sebuah negara baru yang hanya terdiri dari sebagian kecil dari negara modern mereka, perjuangan untuk membebaskan seluruh daerah yang dihuni oleh bangsa Yunani berlanjut. Pada tahun 1864, kepulauan Ionian disatukan dengan Yunani; tahun 1881 sebagian dari Epirus dan Thessaly. Crete, Kepulauan Aegean Timur dan Macedonian ditambahkan pada tahun 1913 dan Thrace Barat tahun 1919. Setelah Perang Dunia II kepulauan Dodecanese juga dikembalikan ke Yunani.

Aegean Sea

Cintanya ane terhadap Yunani, membuat ane selalu tertarik dengan kisahnya. Terlebih lagi pada Laut Aegean. Hmm … berasa menatap surga dunia. Ane sendiri nggak bisa mengungkapkan betapa ane begitu menginginkan Yunani.

Sebenarnya, ini rahasia hati ane. Adakah yang mau mengajak ane ke Yunani?

^_^ hihihi …

Kalo ada yang punya informasi tentang Yunani, mohon di posting di blognya, ya … ^_^

Love Yunani …

Athens Greece

Greece Delphi Sanctuary Athena

Ancient Greece

The Erechtheum In Athens Greece

Ancient Temple

16 thoughts on “Have Fun Yunani

  1. klu ada yg ingin ke Turki saya ingin ikut, hehe…soalnya utk pergi kesana susah..aplgi sendri. Ke Yunani blh juga, indah banget ciptaan Allah SWT..

  2. Tunggu tunggu…..
    Saya rasa lebih baik berwisata di dalam negeri deh, masih banyak tempat yang indah.😆 Ini kalo Shafiqah nyari pemandangan sih, bukan nyari sejarah.😀

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s