Islam Gitu Lhoh … ^_^


Assalamu’alaikum …

Alasan ana posting ini adalah biar antum pada percaya diri akan Islam. Maksudnya, selama ini kita sebagai umat muslim selalu merasa tertinggal dengan teknologi atau penemuan – penemuan mutakhir. Padahal, kalau kita mau sombong, Islamlah yang kemajuannya sangat pesat ketimbang peradaban Barat.

Hanya saja mereka yang lebih dulu mempublikasikan dan karena kesombongan mereka semua yang tidak mau mengakui bahwa Islamlah yang lebih dahulu menjadi awal titik cerah peradaban kemajuan teknologi dan sains.

Ayo ilmuwan muslim dan muslimin … tunjukkan keahlian kalian dan banggalah dengan Islam …

Berikut ini postingan ana yang ana ringkas dari Republika.

Salah satu unsur kejayaan peradaban Islam adalah sains dan teknologi. Bidang ini mengalami beberapa fase, mulai dari kemunculannya, penyebaran kemajuan hingga kemunduran. Sebut saja Jabir bin Hayyan al – Farabi, Ibnu Sina dan lain – lain.

Ada beberapa faktor yang menunjang kemajuan sains dan teknologi Islam (Ahmad Y.  Al Hassan & Donald R. Hill : Teknolohi dalam Sejarah Islam), diantaranya :

Agama Islam

Islam menberikan dorongan yang sangat kuat kepada umatnya untuk melakukan pencapaian – pencapaian di bidang sains dan teknologi.

Al-Qur’an memerintahkan umat Islam agar menggunakan akalnya dalam mengamati hakikat alam semesta.

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.”

(QS. Ar – Ruum : 22)

Pemerintah yang berpihak kepada Ilmu Pengetahuan

Howard R Turner dalam Sains Islam yang Mengagumkan mengatakan bahwa pencapaian di bidang sains dan teknologi sudah menjadi ciri – ciri umum semua dinasti Islam.

Bahasa Arab

Bahasa Arab dapat dipakai untuk mengekspresikan istilah – istilah ilmu pengetahuan yang paling rumit sekali pun. Munurt Al Hassan  dan Hill, sepenuhnya menyadari bahwa tidka mungkin ilmu pengetahuan berkembang di dunia Islam jika ilmu – ilmu tersebut tertulis dalam bahasa non – Arab.

Pendidikan

Untuk memacu laju perkembangan ilmu pengetahuan itu, para khalifah mendirikan sekolah – sekolah, lembaga – lembaga pendidikan tinggi, observatorium dna perpustakaan. Sebut saja perpustakaan di masa Dinasti Abbasiyah yang bernama Bayt Al Hikmah (Rumah Kearifan).

Penghormatan kepada Ilmuwan

Kala itu, ilmuwan Islam benar – benar terpenuhi kebutuhan finansialnya sampai pemberian uang pensiuanan. Hal ini agar mereka bisa mencurahkan sepenuhnya waktu untuk kegiatan mengajar.

Maraknya Penelitian

Banyak ilmuwan yang telah menghasilkan konsep – konsep yang kini masih populer.

Perdagangan Internasional

Karena maraknya kegiatan dagang antara bangsa Arab dengan bangsa – bangsa lain di dunia, maka ditemukanlah teknologi navigasi. Ini pun menjadi sarana komunikasi yang efektif antar peradaban dan memeprcepat proses kemajuan teknologi.

Iklan

2 thoughts on “Islam Gitu Lhoh … ^_^

  1. Insyallah islam akan bangkit 😀
    Kesalahan umat islam terbesar adalah tidak mau belajar agama islam.
    Jika masyarakat mau berbagi ilmu pengetahuan insyallah kita akan bangkit lagi. Amin

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s