cinta Rasul tapi …


Assalamu’alaikum …

Sebenarnya merayakan hari ulang tahun Nabi Muhammad SAW memang tidak diperbolehkan karena pada dasarnya seluruh ulama sepakat bahwa maulid Nabi tidak pernah diperingati pada masa Nabi Muhammad SAW hidup dan tidak juga pada masa pemerintahan khulafaurrasyidin.

Mau tahu alasannya mengapa Maulid Nabi tidak diperbolehkan untuk diperingati ?

Hmm …

Tahukah anta …?

Allah SWT berfirman:

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. (Q.S. Al Maidah: 3 ).

Ayat di atas menjelaskan bahwa agama Islam telah sempurna tidak boleh ditambah dan dikurangi, maka orang yang mengadakan perayaan maulid Nabi yang dibuat setelah Rasulullah SAW wafat berarti menetang ayat ini dan menganggap agama belum sempurna masih perlu ditambah. Sungguh peringatan maulid bertentangan dengan ayat di atas.

Rasulullah SAW bersabda :

Hindarilah amalan yang tidak ku contohkan (bid`ah), karena setiap bid`ah menyesatkan”.

(HR. Abu Daud dan Tarmizi)

Peringatan maulid Nabi tidak pernah dicontohkan Nabi, berarti itu adalah bi’dah, dan setiap bi’dah adalah sesat, berarti maulid peringatan Nabi adalah perbuatan sesat.

“Siapa yang menghidupkan suatu amalan yang tidak ada dasarnya dalam dien kami, amalannya ditolak.”

(Muttafaq ’alaih)

Dalam riwayat Muslim:

“Siapa yang mengamalkan perbuatan yang tidak ada dasarnya dalam dien kami, amalannya ditolak.”

Dua hadist di atas menjelaskan bahwa setiap perbuatan yang tidak dicontoh Nabi tidak akan diterima di sisi Allah SWT, dan peringatan maulid Nabi tidak dicontohkan oleh Nabi berarti peringatan maulid Nabi tidak diterima dan ditolak.

Barang siapa yang meniru tradisi suatu kaum maka dia adalah bagian dari kaum tersebut.

(HR. Abu Daud)

Tradisi peringatan hari lahir Nabi Muhammad meniru tradisi kaum Nasrani merayakan hari kelahiran Al Masih (disebut dengan hari natal) , maka orang yang melakukan peringatan hari kelahiran Nabi bagaikan bagian dari kaum Nasrani –wal ‘iyazubillah-.

Peringatan maulid Nabi sering kita dengar dari para penganjurnya bahwa itu adalah perwujudan dari rasa cinta kepada Nabi. Ane tidak habis pikir bagaimana orang yang mengungkapkan rasa cintanya kepada Nabi dengan dengan cara melanggar perintahnya, karena Nabi telah melarang umatnya berbuat bidah. Ini laksana ungkapkan oleh seorang penyair :

Jikalau cintamu kepadanya tulus murni, niscaya engkau akan mentaatinya.

Karena sesungguhnya orang yang mencintai akan patuh terhadap orang yang dicintainya

Orang yang mengadakan perhelatan maulid Nabi yang tidak pernah diajarkan Nabi sesungguhnya dia telah menuduh Nabi telah berkhianat dan tidak menyampaikan seluruh risalah yang diembannya.

Imam Malik berkata,” orang yang membuat suatu bidah dan dia menganggapnya adalah suatu perbuatan baik, pada hakikatnya dia telah menuduh Nabi berkhianat tidak menyampaikan risalah.

Setelah membaca artikel ini, berdoalah kepada Allah agar diberi hidayah untuk bisa menerima kebenaran dan diberi kekuatan untuk dapat mengamalkannya dan jangan terpedaya dengan banyaknya orang yang melakukannya seperti firman Allah:

Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah) (Q.S. Al An’aam: 116 ).

Abu Raihanah

11 Comments Add yours

  1. klo menurut sy menmperingati kan mempunyai efek positif jg.. agar kita selalu ingat apa yg menjadi contoh, apa yg menjadi teladan rasulullah. apalagi buat generasi penerus yg masih anak2.. pasti memiliki dampak yg baik.. kek nya lebih byk positifnya..tapi klo mengenai hukumnya sy kurang mengerti dan paham. lebih mengembalikan kpd ajaran yg benar.. krn sy jg masih awam.. hehe.. 😉

    1. Shafiqah Treest berkata:

      Alhamdulillah masih ada yang care dengan maulid nabi …

      ^_^

      Semua memang kita kembalikan lagi sama niat kita, yang ane tahu seperti postingan di atas …

      Tapi, alangkah baiknya kita tidak mempermasalahkan atau meributkan hal – hal yang bisa membuat kita sebagai umat muslim terpecah belah.

      Perbedaan pandangan dan pemikiran itu memang hal yang wajar dan lumrah sebagai makhluk yang sempurna karena Allah SWT saja sangat menyukai perbedaan …

      Kita ambil hikmahnya aja, ambil yang baik dan positif dan jangan ikuti yang tidak sesuai dengan Al – Qur’an dan Hadist …

      ^_^

  2. aryadevi berkata:

    ass. bagus mba gadis, tapi itu masalah ijtihadi para alim..para ulama…jadi bukan masalah prinsip…jadi ya ga papa anda atau yang lain berpendapat begitu…
    memperingati maulid, bukan berarti menambah / mengurangi kesempurnaan islam, ya penafsiran bisa macem macem, sing penting adalah i’tikad dihati, tetap berpegang pada tauhid islam. dan tau atau bisa membedakan mana yang fiqh, mana yang syariat.

    1. Shafiqah Treest berkata:

      Insya Allah …

      Semoga apa yang kita kerjakan sesuai dengan niat kita tanpa adanya bid’ah …

  3. darahbiroe berkata:

    maaf saya kurang setuju

    kita pada dasarnya tidak semata2 memperingati atau mengagung2kan hari kelahiran nabi, tapi kita cuman membaca sholat apakah itu juga tidak diperbolehkan ??
    beda pendapat buleh kan


    Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih
    salam blogger
    😀

  4. Semoga Islam tetap satu, meski ada kontroversi.

  5. …Semoga, kita nggak terpecah dngan sebuah kontroversi. Bukankai, Islam cinta perSATUan?

  6. Semoga, kita nggak terpecah dngan sebuah kontroversi. Bukankai, Islam cinta perSATUan?

  7. Popcornsteen berkata:

    Infonya oke, banget!

  8. Tomy Meilando berkata:

    informasi yang bermanfaat, terima kasih

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s