Haiti Berduka



Haiti Berduka

Lagi – lagi gempa mengguncang dunia. Kali ini gempa bertandang ke Republik Haiti. Sebuah negara di Karibia yang meliputi bagian barat pulau HispaniolaLaut Karibia ini diguncang gempa yang disertai tsunami kemarin, tepatnya hari Selasa, 12 Januari 2010. Gempa berkekuatan 7 SR ini melumatkan negara kedua yang merdeka di Benua Amerika setelah Amerika Serikat ini.

Kurang lebih 100.000 orang tewas dari bencana alam tersebut. Diantara korban tewas terdapat warga negara dari sejumlah negara termasuk staff penjaga perdamaian PBB.


Presiden Haiti, Rene Preval mengatakan, jumlah korban kemungkinan akan terus bertambah karena masih banyak korban yang belum ditemukan dan mengalami luka-luka serius. Gempa disertai tsunami yang melululantakkan Port-au-Prince, ibukota Haiti merupakan gempa terburuk yang pernah menimpa Haiti selama dua dekade ini.


“Kondisinya sulit dibayangkan. Kantor parlemen, kantor pajak, sekolah-sekolah, rumah-rumah sakit, banyak yang roboh,” kata Presiden Preval menjelaskan situasi di ibukota Haiti, Port-au-Prince.

Ia juga mengatakan bahwa Kepala misi PBB di Haiti, Hedi Annabi asal Tunisia menjadi salah satu korban tewas, namun PBB belum memastikan kabar tersebut. Pihak PBB membenarkan bahwa Annabi sedang berada di kantornya saat gempa meruntuhkan kantor perwakilan PBB, tapi diduga Annabi masih hidup dan terjebak di bawah reruntuhan gedung.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan situasi darurat kemanusiaan di Haiti. Ia menyerukan masyarakat internasional segera mengirimkan bantuan dan PBB sendiri akan mengucurkan bantuan sebesar 10 juta dollar yang diambil dari dana tanggap darurat.

PBB memastikan sedikitnya 14 staffnya tewas setelah kantor perwakilan PBB bertingkat lima yang berada di Port-au-Prince runtuh dan dipekirakan masih ada ratusan staff nya yang hilang. Diantara staff PBB yang tewas, 10 diantaranya warga negara Brazilia, tiga warga negara Yordania dan satu orang Haiti.

Militer Brazil yang mengirimkan kontingen terbesar pasukan perdamaian ke Haiti menyatakan, banyak tentaranya yang belum diketahui nasibnya pasca terjadinya gempa. Sementara China, menurut laporan media resmi negara itu memastikan delapan warga negaranya yang menjadi anggota misi perdamaian di Haiti, tewas dalam bencana itu.

 

Iklan

8 thoughts on “Haiti Berduka

  1. Allohu Akbar!!! ini adalah gempa buatan AS, sadis sekali, tudingan Rusia cukup beralasan, yang kelak percobaan ini akan digunakan untuk menghacurkan Iran, pembantaian sedang berjalan, dimana-mana , ya Allah percepatlah azab buat mereka, dunia sudah gerah dengan ulahnya, innalillahi wainnailaihirojiun.

  2. Ya Allah denger kabar beritanya aja dah serem, apalagi liat foto2 dari sana, katanya sih banyak yang meninggal yah. Semoga Allah mengampuni dosa hamba-hambaNya yang meninggal karena bencana itu

  3. pasti ada hikmahnya.
    semoga kita di Indonesia yg juga pernah mengalami gempa / Tsunami besar tetap belajar dari gempa yg terjadi.

    silahkan berkunjung ke blog saya utk sedikit share berita gempa termasuk Haiti.

    salam

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s