Gema Budaya K3


Gema Budaya K3 ( Keselamatan Kesehatan Kerja)

Indonesia sudah menyambut penyelenggaraan AFTA atau Asean Free Trade Agreement sejak tanggal 01 Januari 2010.

Perlunya budaya K3 ini dapat meningkatkan mutu kerja para tenaga kerja sehingga semua pihak mendapatkan keuntungan dan jaminan kerja. Kesehatan Keselamatan Kerja para tenaga kerja harus diprioritaskan atau diutamakan dan diperhitungkan agar tenaga kerja merasa ada jaminan atas pekerjaan baik yang beresiko maupun tidak.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja disingkat K3 merupakan hal penting dalam produktivitas suatu perusahaan. Dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja Sumber Daya Manusia diharapkan dapat memperkecil atau bahkan terwujudnya kondisi nihil kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Untuk itu perlu pemahaman dan pelaksanaan K3 di perusahaan sangat diperlukan, hal ini berkaitan dengan perlindungan tenaga kerja terhadap kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang tidak lain merupakan fungsi dari pelaksanaan K3 di tempat kerja.

Jaminan K3 juga dapat membuat para tenaga kerja merasa nyaman dan aman dalam melakukan suatu pekerjaan.  jaminan K3 ini sangat membantu tenaga kerja Indonesia dalam menyemarakkan AFTA.

Seperti diketahui, AFTA bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar masing – masing negara dan dengan adanya Gema Budaya K3 akan dapat meningkatkan kinerja tenaga kerja.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat terjadi tren penurunan angka kecelakaan kerja dan pelanggaran terkait ketenagakerjaan dalam tiga tahun belakangan ini. Tren ini menunjukkan bahwa iklim ketenagakerjaan di Indonesia semakin membaik sehingga diharapkan bisa mendorong ekonomi nasional.

Peningkatan K3 harus diambil bangsa Indonesia agar mampu berjuang dan berperan aktif terutama menghadapi diberlakukannya FTA ASEAN-China pada 1 Januari 2010 lalu.

Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) merupakan salah satu persyaratan baru yang ditetapkan oleh negara pengimpor, terutama dalam sistem manajemen mutu. Pemerintah saat ini, lanjut Muhaimin, sedang mengkaji dan terus-menerus mencari formulasi yang tepat yaitu membangun badan tripatrit bidang pengawasan ketenagarakerjaan. Dengan badan ini diharapkan akan memudahkan pengawasan, pelaporan, penindakan juga pembinaan kepada pelanggar dari sistem dan UU Ketenagarakerjaan.

2 thoughts on “Gema Budaya K3

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s