Etiket Pesta Perjamuan Barat


Apabila anda beruntung diundang menghadiri pesta perjamuan resmi, maka kali pertama anda harus memahami dan mengerti beberapa etiket dasar dalam forum entertainment atau pergaulan.

Jam Tiba

Waktu kedatangan anda harus tepat, terlambat 4 – 5 menit masih bisa ditoleransi, akan tetapi jangan sekali-kali terlambat lebih dari 15 menit, sebab pada saat-saat seperti itu bukan orang lain yang salah tingkah, melainkan anda sendiri.

Apabila undangan berasal dari keluarga kaya yang memandang penting etiket entertainment, ketika anda memasuki pintu utama, orang pertama yang anda temui barangkali adalah pelayan (waiters) lelaki yang bertanggung jawab membantu anda menggantungkan mantel ataupun jas anda dan mengarahkan jalan anda, oleh karena itu anda jangan buru-buru berjabat tangan dulu dengannya, periksa dulu keadaan sekitar baru memutuskan.


Persiapan

Sesudah memasuki ruang tamu, jangan terburu-buru mencari tempat duduk. Orang barat dalam forum seperti ini biasanya akan berkeliling-keliling dulu, sambil menanti sang tuan rumah mengenalkan tamu-tamu lain kepada dirinya. Anda bisa sambil mengobrol dengan tamu lain sambil minum setelah mengambil bir yang diantar oleh pelayan atau memilih minuman lain yang cocok.

Sesudah pintu ruang makan dibuka, tuan rumah dan tamu VIP wanita menggiring mereka memasuki ruang makan, si nyonya rumah dan tamu VIP pria seharusnya berjalan di deretan paling belakang, namun apabila tamu VIP pria adalah seseorang tokoh besar, barangkali nyonya rumah yang akan berjalan paling depan dengannya.

Masuk ke perjamuan

Aturan perjamuan orang barat sangat rinci, tempat duduk biasanya sudah diatur dengan baik, pada saat itu, pendamping (suami atau istri) anda mutlak tidak akan diatur duduk di sebelah anda.

Orang Eropa dan Amerika beranggapan orang yang sudah kenal baik tentu punya banyak peluang untuk mengobrol, jadi harus pada kesempatan seperti itu menjalin banyak pergaulan. Tuan dan nyonya rumah masing-masing duduk saling berhadapan pada ujung meja (berbentuk segi empat panjang), sebelah kanan nyonya rumah adalah tamu VIP pria, di sebelah kanan tuan rumah adalah tamu VIP wanita.

Cara duduk tamu-tamu lain ialah pria wanita saling berpasangan. Sang pria sebelum duduk harus membantu menarikkan kursi milik tamu wanita di sebelah kanannya, menunggu sesudah sang wanita duduk dengan stabil baru diri sendiri yang duduk.

Sesudah semua tamu duduk, tuan rumah mengambil serviette (red: serbet berwarna putih yang biasanya untuk tatakan sendok garpu), maka anda pun mengikutinya mengambil serviette. Khusus untuk diperhatikan: Jikalau tuan rumah sebelum makan melakukan doa, musti menunggu selesai doa baru boleh mulai makan, sebelum tuan rumah mengambil serviette anda jangan mengambilnya.

Menyantap hidangan

Menu pada umumnya terdiri atas 3 hingga 5 macam masakan, 3 macam menu pertama biasanya ialah cold plate, soup, ikan, 2 macam sisanya ialah menu utama (daging atau seafood ditambah sayur mayur), cake atau buah-buahan, terakhir ialah kopi dan kudapan (cookies). Sewaktu makan, jangan menghabiskan energi hanya pada kenikmatan rasa, harus banyak bersosialisasi atau berbincang dengan orang-orang disamping kiri kanan anda.

Sesudah cake habis disantap, jikalau kopi tidak muncul, maka barangkali masih menunggu sejenak untuk kemudian anda diundang meminumnya di ruang tamu. Pendeknya, begitu melihat nyonya rumah meletakkan serviette di atas meja dan berdiri, maka anda boleh meletakkan serviette anda dan meninggalkan tempat duduk.

Pada saat itu, bagi pria yang mengerti tata karma harus berdiri membantu sang wanita menarik keluar kursi yang didudukinya, si wanita yang diladeni seperti itu tidak usah memiliki pikiran khusus terhadap semua keramah-tamahannya, ini hanyalah sekedar tata krama.

Perpisahan

Apabila anda tidak ingin terlalu menarik perhatian orang, anda sebaiknya pada saat perpisahan jangan sebagai orang yang pertama, juga jangan sebagai yang terakhir meninggalkan tempat, di antara waktu tersebut kapan pun anda bisa berpamitan pulang, hanya saja begitu berpamitan sudah harus meninggalkan tempat dengan sigap.

Iklan

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s