Fauna Ciptaan Allah SWT & Kelebihannya


Unta, binatang padang pasir yang kuat

Unta adalah binatang yang hidup di padang pasir yang panas dan gersang. Tidak banyak yang bisa hidup di sana karena sulitnya ditemukan sumber – sumber air yang memungkinkan mereka bisa hidup. Di alam seperti inilah unta hidup. Namun begitu, unta masih tetap bisa bertahan hidup seperti halnya binatang – binatang lain.  Kenapa bisa? Ya, karena Allah, Sang Pencipta, memberi keistimewaan khusus pada unta. Unta ditakdirkan bisa hidup dengan menahan lapar selama delapan hari. Unta juga mampu hidup tanpa minum selama tiga minggu. Coba bandingkan dengan kamu ! puasa sehari saja sudah banyak yang mengeluh … iya kan ?

Allah SWT mendesain unta sebegitu hebat hingga dia menjadi binatang yang sangat luar biasa. Unta memiliki punuk yang merupakan timbunan lemak yang bisa menyediakan sari makanan bila ia kelaparan dan kehausan. Jika tidak menemukan makanan, unta bisa memakan tanaman berduri. Lho, kok bisa? Apakah bibirnya tidak jontor dan berdarah? Tentu saja tidak. Bibir unta tidak seperti bibir kamu. Allah menciptakan bibir dan mulut unta tebal dan kuat seperti karet. Dengan mulut seperti itu tentu saja dia bisa melahap tumbuhan yang keras dan berduri sekalipun tanpa rasa sakit. Tidak hanya itu kehebatan unta. Dia juga dilengkapi dengan alis dan bulu mata yang tebal dan panjang. Dengan itu mata unta tidak dapat kemasukan debu padang pasir yang beterbangan. Dan yang juga luar biasa. Unta bisa berjalan puluhan kilometer dengan membawa beban yang berat tanpa istirahat. Subhanallah !! betapa besarnya Kasih-Mu kepada makhluk-Mu ya Allah !!

Gurita, si penyemprot tinta

Pernahkah kamu berenang ke kedalaman laut ? jika kita menyelam ke laut, pada kedalaman tertentu kita akan bertemu dengan sosok binatang yang luar biasa hebat. Binatang yang memiliki banyak lengan dan bertubuh lunak. Binatang apakah gerangan ? ya, kamu betul. Itulah Gurita.

Gurita adalah binatang yang Allah ciptakan dengan desain yang menabjubkan! Coba bayangkan ! ibu gurita bisa bertelur sampai 150.000 butir hanya dalam waktu dua minggu. Wah, subhanallah !! Banyak sekali ya. Bandingkan dengan ayam, bebek, atau ular yang hanya puluhan ! Gurita juga memiliki delapan tentakel atau lengan. Lengannya berfungsi untuk menghisap. Juga bisa untuk menangkap kepiting atau makanan lainnya. Jika dalam keadaan bahaya, Crooot !! Gurita akan menyemprotkan tinta hitam ke musuhnya. Ini membuat musuhnya tidak bisa melihat dengan jelas, dan segera si gurita mengambil langkah seribu … kabur !!! Allahu Akbar !! Maha Besar Allah yang menciptakan makhluknya sebegitu unik. Betapa besarnya Kasih-Mu kepada makhluk-Mu ya Allah !!

Ikan Buntal, si Landak laut yang menyeramkan

Selain gurita, di laut pula kamu bisa menemukan makhluk unik ciptaan Allah lainnya. Namanya Ikan Buntal. Ikan buntal juga diddesain sedemikian rupa sehingga dia memiliki kemampuan mempertahankan diri dari serangan musuh – musuhnya.

Allah telah merancang tubuh ikan buntal dengan unik besar dan bulat. Bagaimana caranya ? ikan buntal akan menelan air atau udara yang banyak sampai tubuhnya membesar. Ketika tubuhnya membesar, duri  – duri di sekujur tubuhnya ikut mencuat keluar. Tubuhnya berubah seperti landak. Melihat tubuhnya yang seperti itu tentu saja musuhnya akan kabur ketakutan. Jika musuhnya sudah pergi jauh, ikan buntal akan mengempiskan tubuhnya perlahan – lahan, dan kembali seperti sediakala. Maha Suci Allah yang telah menciptakan segala sesuatu dengan begitu teliti. Betapa besarnya Kasih-Mu kepada makhluk-Mu ya Allah !!!

Venus, si cantik yang suka lalat

Pernahkah kamu mengenal tumbuhan yang bernama Venus? Marilah kita mengenal venus lebih dekat. Supaya kita semakin tahu betapa besarnya kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya. Venus adalah sejenis tumbuhan yang bentuknya seperti sepasang tangan yang sedang memegang mangkuk. Bagian dalamnya berwarna merah menyala dan baunya … ehm, … harum !! uniknya, tumbuhan ini suka makan lalat, iya lalat. Coba bayangkan ! tumbuhan tapi makanannya adalah lalat, seekor binatang yang bisa terbang. Aneh bukan ? tapi semua itu bisa terjadi hanya dengan takdir Allah. Tidak ada kesulitan sekecil apapun bagi Allah bila Dia sudah berkehendak.

Lalu bagaimana si venus harus menangkap lalat yang bisa terbang ?? begini. Karena baunya yang sangat harum mengundang lalat untuk terbang mendekatinya. Ketika lalat hinggap di tangkai bunga venus, tiba – tiba dengan secepat kilat kelopak bunga venus akan menutup. Lalat kemudian terjepit antara kedua kelopak bunganya. Setelah itu bunga venus akan mengeluarkan cairan untuk melarutkan lalat sampai hancur. Lalu dia akan menyerap tubuh lalat yang sudah hancur itu sebagai makanannya. Subhanallah !! betapa besar Kasih-Mu kepada makhluk-Mu ya Allah !!

Laba – laba Pelompat

Tahukah kamu laba – laba ? ya, pasti kamu sudah tahu dan melihatnya. Untuk menangkap mangsanya, biasanya laba – laba membuat dulu jaringnya dan menunggu mangsanya terperangkap. Namun tidak demikian pada laba – laba pelompat. Ia bisa dengan gesit melompat dan menangkap lalat yang terbang setengah meter di atasnya. Ia melompat dengan delapan kakinya. Sebelum melompat, ia mengeluarkan benang yang menempel pada ranting pohon. Sehingga tubuhnya masih tergantung di udara dan mencegahnya jatuh ke tanah. Benangnya begitu kuat. Mampu menahan beban tubuhnya sendiri sekaligus mangsanya. Laba – laba pelompat juga memiliki racun ke dalam tubuh mangsanya. Racun itu bahkan mampu mencairkan jaringan tubuh mangsanya sampai hancur lalu baru memakannya.

Begitulah Allah yang Maha Pengasih memberikan rahmat dan kehebatan kepada makhluk ciptaannya agar bisa hidup sesuai dengan kondisi alamnya masing – masing. Ini menunjukkan sifat kasihnya yang sangat luar biasa. Dia memberikan kepada semua makhluk ciptaannya tanpa pilih kasih. Semua mereka mendapatkan hak – haknya masing – masing tanpa dikurangi sedkitpun. Lalu bagaimana dengan kita ?

Sebagai makhluk ciptaan Allah yang sempurna, sudah selayaknya kita juga mempunyai kasih sayang. Kasih sayang sesama manusia dan kasih sayang kepada makhluk Allah yang lainnya.

Namun yang seringkali terjadi adalah sebaliknya. Manusia saling menyakiti, saling membenci, saling bermusuhan antara satu dengan yang lainnya. Bahkan tidak jarang manusia saling membunuh satu sama lain. Nauzubillahi min zalika !

Coba kamu lihat di belahan timur bumi kita. Di Iraq, Palestina, Afghanistan, Libanon, Eriteria dan lainnya. Ribuan orang diperangi, termasuk wanita – wanita, orang tua tidak berdaya, juga anak – anak yang tidak berdosa menjadi korban orang – orang yang tidak memiliki rasa belas kasihan. Orang – orang jahat itu mengusir jutaan penduduk dari negeri mereka sendiri yang menimbulkan gelombang pengungsian yang sangat besar. Akhirnya banyak anak – anak yang terlantar, sekolah mereka hancur, mereka tidka bisa belajar, masa depan mereka menjadi suram.

Di negeri kita banyak pula anak – anak yang mengalami nasib serupa. Di Sumatera Barat, akibat bencana gempa beberapa saat yang lalu, ribuan anak kehilangan orang tua. Rumah dan sekolah mereka runtuh digoyang gempa. Sampai sekarang mereka masih tinggal di tenda – tenda darurat dengan fasilitas yang sangat terbatas. Mereka tidak bisa belajar dengan nyaman seperti kita. Jangankan sekolah, untuk makan saja, kadang tidak mereka dapatkan. Hal serupa juga terjadi pada daerah – daerah lain di Indonesia.

Nah, adik – adik sekalian. Semua mereka membutuhkan bantuan kita. Hendaknya kita semua memiliki rasa belas kasihan kepada mereka. Kita punya kewajiban untuk membantu mereka semampunya. Bila adik – adik punya uang jajan, jangan dihabiskan. Coba sisihkan sebagian untuk kita sumbangkan kepada teman – teman kita yang hidup dalam kesulitan. Dengan begitu kita menjadi hamba Allah yang mulia karena belas kasih kita.

4 thoughts on “Fauna Ciptaan Allah SWT & Kelebihannya

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s