Bermain Games dan Membagi Waktu


Jakarta – Seiring makin bagusnya permainan video game, banyak orang menjadi ketagihan karenanya. Bermain game dalam batasan yang wajar memang bisa jadi hiburan, bahkan mungkin bisa melatih ketangkasan berpikir. Namun ketagihan ngegame bisa menimbulkan resiko buruk, misalnya gagal dalam pendidikan atau dalam pekerjaan kecuali pekerjaan Anda memang berhubungan dengan dunia game.

Beberapa tips yang dikutip detikINET dari HowToDoThings, , mungkin bisa membantu Anda mengatasi ketagihan ngegame.

Buat Keputusan Mantap

Langkah pertama adalah memutuskan untuk berhenti bermain game sama sekali atau menguranginya secara drastis. Jika Anda telah sampai pada kesimpulan bahwa bermain game merusak hidup Anda, menghambat kuliah atau karir Anda, sadarilah benar-benar bahwa tak ada cara selain memotivasi diri dengan mantap. Berhentilah bermain game atau kurangi sampai pada tahap bahwa Anda yakin benar, kehidupan nyata Anda tak terganggu meski Anda bermain game.

Disiplin Diri

Sangat sering orang yang kecanduan game, meski sadar mau berhenti tetapi ingin mencobanya lagi. Hal ini hanya bisa diatasi dengan disiplin diri ketat. Anda harus keras pada diri sendiri. Memang berat untuk berhenti dari hal yang sangat menyenangkan, namun akan lebih menyakitkan jika hal tersebut mengganggu kehidupan Anda tanpa menyadarinya. Pikirkan bahwa masa depan Anda bisa rusak dan waktu yang sudah terhilang tak bisa kembali lagi.

Belajar Hal Baru

Untuk menggantikan aktivitas ngegame, belajarlah beberapa hal baru di dunia nyata. Misalnya, Anda bisa belajar bahasa asing atau memainkan alat musik tertentu. Akan lebih baik jika aktivitas tersebut mendatangkan manfaat bagi perkembangan diri Anda. Aktivitas baru ini kemungkinan bisa membuat Anda sedikit melupakan aktivitas ngegame.

Perbaiki Hubungan Sosial

Berapa banyak teman yang Anda lupakan gara-gara sibuk main game? Jangan tunggu lagi, segera hubungi teman-teman Anda dan saling berinteraksi. Jika perlu, carilah teman-teman baru dalam berbagai acara. Sadarilah bahwa teman di dunia nyata menawarkan kesenangan yang jauh lebih besar daripada karakter-karakter dalam permainan game. Bahkan psikolog menyatakan, kebahagiaan datang dari interaksi yang sehat dengan teman Anda di dunia sesungguhnya.

Menjauhlah Dari Game

Jika sudah ketagihan, akan sangat sukar melepaskan diri dari keinginan bermain game. Tidak ada jaminan bahwa meski Anda sudah berhasil mengurangi atau berhenti bermain game, Anda bisa melakukannya seterusnya. Sangat mungkin tiba-tiba saja, keinginan bermain itu tak bisa dibendung lagi. Karena itu, lakukan tindakan tegas. Hapus game dari komputer Anda atau jika perlu, juallah konsol game Anda. Tanpa adanya game di sekitar Anda, peluang untuk melepaskan diri sama sekali dari ketagihan game semakin membesar.

Jangan Terpengaruh

Jika teman-teman dekat Anda termasuk pecandu game, jangan terpengaruh oleh mereka. Jagalah motivasi Anda untuk mengurangi aktivitas ngegame. Jika perlu, nasehati juga teman-teman Anda jika aktivitas ngegame mereka sudah berada dalam tahap yang bisa mengganggu kehidupan.

SUMBER : Fino Yurio Kristo - detikinet

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s