Lapisan Ozon Itu … ???


Di atas bumi kita terdapat lapisan udara yang berfungsi melindungi bumi dari terpaan langsung sinar matahari dan benda-benda langit yang jatuh. Keseluruhan pelindung bumi ini disebut atmosfer dan terdiri atas tujuh lapis. Dimulai dari troposfer yang merupakan lapisan paling dekat ke bumi, hingga eksosfer yang merupakan laisan paling jauh dari bumi.

Dengan adanya atmosfer, benda langit yang jatuh akan tergesek dan terbakar habis sebelum sampai ke permukaan bumi.  K benda itu cukup besar, gesekan itu biasanya mengikis benda langit menjadi berukuran kecil hingga tak membahayakan isi bumi.

Bagaimana dengan cahaya matahari … ?

Matahari diketahui memancarkan radiasi sinar ultraviolet dalam jumlah sangat besar. Kalau sedikit saja, sinar ini berguna bagi kehidupan di bumi. Tetapi, dalam jumlah besar, sinar ultraviolet bisa membahayakan kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia.

Ozon itu … ?

Ozon terbentuk secara alamiah dari pertemuan sinar matahari dan zat oksigen di bumi. Sederhananya, setiap kali sinar ultra violet dari matahari bertemu dengan zat oksigen di bumi, reaksi ini memecah molekul – molekul oksigen dan mengikat unsur – unsur oksigen ini menjadi zat baru yaitu ozon.

Ozon – ozon yang terbentuk selama jutaan tahun ini lama kelamaan membentuk lapisan tersendiri yang kita sebut sebagai lapisan ozon. Dengan terbentuknya lapisan ozon sebagian besar radiasi sinar ultraviolet dari cahaya matahari terserap sehingga yang sampai ke bumi hanya pada kadar yang tidak membahayakan kehidupan bumi.

Iklan

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s