Kulit Pisang Bisa Berubah Warna ???


Saya suka pisang ….

(gumam anak kecil yang tengah asyik menikmati pisang yang diberikan  oleh  ibunya dari kebun milik keluarga.  Sang anak yang cukup kritis tersebut lalu mengamati kulit pisang. Beberapa waktu lalu, kulit pisang ini masih hijau, menandakan pisang belum matang. Tapi kenapa sekarang berubah warna menjadi kuning ya …. ???)

pisang

Adik – adik …

Pisang yang sudah dipetik dari pohonnya, bila dibiarkan untuk beberapa waktu akan mengalami perubahan warna. Mula – mula berbintik gelap lalu bintik itu akan meluas menjadi warna coklat yang semakin melebar.

Hal ini disebabkan karena di dalam buah pisang terdapat zat – zat kimia yang bereaksi setiap kali bercampur dengan oksigen di udara. Rekasi yang didapat dari bercampurnya zat – zat kimia dengan oksigen ini memecah dan memicu sel – sel yang bertanggungjawab pada pewarnaan kulit pisang berubah menjadi gelap.

Rekasi zat kimia terhadap oksigen yang memunculkan perubahan disebut sebagai peristiwa oksidasi dan beberapa buah seperti apel, pisang, buah pir termasuk yang memiliki banyak zat kimia yang mudah teroksidasi.

Nah adik – adik …

Meski warna permukaan buah – buahan ini berubah menjadi gelap, buah – buah ini tidak lantas dikatakan telah menjadi busuk, sepanjang isinya tidak berubah. Sebab salah satu petunjuk buah telah berubah menjadi lembek, berbau dan telah merata oksidasinya sehingga warnanya menjadi coklat tua dan meliputi sebagian besar permukaan buah.

Ada satu cara sederhana agar buah tidak mudah teroksidasi yaitu dengan melumuri permukaannya dengan air jeruk. Mengapa begitu? Sebab vitamin C yang terdapat pada air jeruk mampu menahan kecepatan reaksi yang terjadi antara zat kimia buah dengan oksigen. Bila buah tak cepat berubah warna menjadi coklat, buah pun bisa tampak cantik dan segar lebih lama sehingga kita tidak lagi ragu – ragu dalam mengonsumsinya.

by : Zirlyfera Jamil

Iklan

One thought on “Kulit Pisang Bisa Berubah Warna ???

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s