Sukseskan Pemilu 2009


hMm… udah lama juga y cHe nggak posting pribadi aliaz turun tangan di new post … wew…

biz susah sih nyari inspirasi, tergantung mood…

enaknya ngebahas apa y?

yuphz, pemilu aja kali y…

tinggal menghitung hari kita nyontreng partai sesuai hati nurani … (bukan ingin kampanye lho…)

dasarnya, semua partai baik dan punya tekad ke depan buat mensejahterakan rakyatnya, ditambah lagi dengan berbagai macam bencana dimana – mana, otomatis para pengusung partai juga udah mikirin solusi apa yang akan ditempuh.

cHe berharap, semua rakyat Indonesia jangan golput deh… sayang tau…

nasib bangsa di 5 tahun ke depan itu ditentukan oleh satu hari (9 April 2009 nanti…)

jadi lebih baik, kita semua bulatin tekad dan bismillah sebelum nyontreng, biar nggak salah pilih…

Pemilu 2009

Kenapa harus nyontreng? bukan nyoblos aja kayak pemilu kemaren – kemaren?

“Menurut KPU sih mencontreng itu lebih banyak keunggulannya daripada mencoblos : pemilu akan lebih efisien dan memudahkan pemilih dengan alasan kertas suara bisa dibuat lebih murah, karena kualitas kertas untuk opsi “mencoblos” (katanya) agak mahal dan rawan cacat (akibat sudah bolong duluan); mengubah tata cara memilih adalah bagian dari pendidikan pemilih yang pada gilirannya meningkatkan kualitas Pemilu.”

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan penandaan kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 dilakukan dengan men-contreng atau memberikan tanda cek bukan mencoblos seperti pemilu sebelumnya. Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pemilu Endang Sulastri menyatakan, penetapan istilah men-contreng tersebut nanti disesuaikan dengan istilah di daerah masing-masing.

”Kepastiannya men-contreng, tidak dengan tanda lain,” kata Endang saat ditemui di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, kemarin (29/7).

Sesuai dengan UU Pemilu No 10/2008, Pemilu 2009 tidak lagi mencoblos surat suara. Pemerintah dan DPR menetapkan bahwa pemilu kali ini dilakukan dengan menandai surat suara. KPU telah menetapkan pemungutan suara Pemilu 2009 pada 11 April.

Menurut Endang, sebelum men-contreng ditetapkan, beberapa usul publik meminta agar surat suara bisa ditandai dengan melingkari, memberikan tanda silang, dan men-contreng. KPU akhirnya memilih tanda contreng. “Pertimbangannya sederhana, supaya masyarakat gampang mengingat,” lanjut Endang.

Mengenai istilah, KPU menyerahkan sosialisasi yang sesuai dengan kondisi daerah. Beberapa daerah mengenal istilah men-contreng dengan men-centang. Ada juga yang mengenal dengan istilah men-cawang. “Seperti istilah mencoblos, di Papua itu dikenal dengan menikam. Karena itu, istilah disesuaikan dengan apa yang dikenal masyarakat setempat,” tambah dia.

Lantas bagian mana yang ditandai oleh pemilih? Menurut Endang, sesuai dengan UU Pemilu, penandaan surat suara Pemilu 2009 bisa dilakukan di logo, tanda gambar, atau juga nama partai. Syaratnya, pemilih hanya boleh menandai kertas suara tersebut satu kali. “Kalau lebih satu kali, tidak sah,” terang dia.

Namun, untuk memperjelas, KPU akan mengatur cara penandaan kertas suara tersebut dalam peraturan KPU. Peraturan tersebut nanti diharapkan bisa memberikan panduan kepada pemilih, bagian surat suara mana yang di-contreng. ”Satu atau dua minggu lagi peraturannya selesai,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Biro Logistik KPU Dalail menyatakan, format dan desain surat suara Pemilu 2009 sampai saat ini masih perlu dibicarakan dengan DPR. Meski begitu, untuk kertas nanti, KPU akan menggunakan kertas HVS seberat 80 gram untuk standar idealnya.

”Besar surat suaranya belum ditentukan,” kata Dalail. Namun, dengan asumsi peserta pemilu mencapai 34 parpol, kertas suara Pemilu 2009 diperkirakan selebar satu halaman koran.

Belum tau cara nyontrengnya?

hmm… nggak gaul ahh… hehehehe… nih liat contohnya ….

Contoh Nyontreng

Nah, sekarang ngerti kan gimana caranya?

apa?????

belum ngerti juga,,,,

huFf,,,

pusing dehhh… ^_^

kayaknya kamu perlu kursus nyontreng dehh…

kursus contreng

hihihi.. becanda tau…

sukseskan PEMILU 2009

by : cHiMoeTz_ cHe

One thought on “Sukseskan Pemilu 2009

  1. Assalammualaikum. Salam kenal. Tulisannya bagus dan menarik. Oh ya kami minta ijin untuk pasang salah satu komiknya di blog kami, semoga tidak keberatan. Terima kasih banyak sebelumya. Wassalam.

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s