Asal Nama "Indonesia",,,


Indonesia

Dari manakah asal mula nama Indonesia itu? Mengapa negara kita ini diberi nama Indonesia dan siapa saja nama-nama dibalik perumus nama Indonesia itu?

Dulu, Negara kita bernama Nusantara. Nama ini berasal dari bahasa Jawa Kuno, nusa berarti pulau, sedangkan antara berarti hubungan/rangkaian. Jadi Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau. Pada waktu itu, orang Eropa belum mengenal keberadaan pulau-pulau di Nusantara. Mereka hanya tahu bahwa ada pulau yang terletak di wilayah Hindia. Wilayah Hindia itu mencakup wilayah yang sangat luas, ada Pakistan, India, Burma (sekarang Thailand), Bangladesh sampai ke Indocina dan Nusantara.


Karena letak kepulauan kita berada di wilayah Indus, maka dinamai Indonesia yang berasal dari kata Indus (dalam bahas Latin yang berarti Hindia) dan nesos/nesioi (dari bahasa Yunani yang berarti pulau atau pulau-pulau). Jadi Indonesia adalah pulau-pulau Hindia.

Konon, Christopher Columbus pernah bermaksud mencari Hindia atau Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah. Namun, karena ia salah mengambil alur pelayaran,ia tersasar dan menemukan Benua Amerika. Lucunya, Columbus malah menyangka Benua Amerika sebagai Hindia. Ia pun menyebut penduduk pribumi di sana dengan sebutan Indian.

Cinta Indonesia


Dari Indunesia ke Indonesia

Sebutan Indonesians digunakan seorang etnolog GW Earl. Etnolog adalah orang yang mempelajari masalah kebudayaan suku bangsa dan penduduk suatu daerah.

Biasanya mereka mempelajari kebiasaan, adat dan kebudayaan sebuah suku dan membandingkan dengan daerah lain. Hal ini dilakukan untuk mendapat pengertian tentang sejarah, proses evolusi, serta penyebaran kebudayaan. Ilmu yang mempelajari soal bangsa-bangsa disebut Etnologi.

Dalam sebuah laporannya, Pak Earl menegaskan bahwa sudah tiba saatnya bagi penduduk Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu untuk memiliki nama yang khas. Katanya, nama Hindia kurang tepat dan sering keliru dengan penyebutan India. Lantas Pak Earl mengajukan dua pilihan nama “Indunesia” atau “Melayunesia”.

Seiring berjalannya waktu, nama “Indonesia” ditemukan oleh seorang ahli etnologi Inggris bernama Sir James Richardson Logan pada tahun 1850, dalam ilmu bumi. Pada waktu itu ia menulis di sebuah majalah Journal of The Indians Archipelago and Eastern Asia 1850. Dalam bukunya, Pak Logan merasa perlu ada nama khas untuk kepulauan di tanah air. Menurutnya, istilah “Indian Archipelago” terlalu panjang dan membingungkan.

Pak Logan memungut nama “Indunesia” (yang dibuang Pak Earl), lantas huruf “u” digantinya dengan huruf “o” agar ucapannya lebih baik. Maka lahirlah istilah Indonesia. Akan tetapi… ketika mengusulkan nama “Indonesia”, Pak Logan tidak menyadari bahwa di kemudian hari nama itu akan menjadi nama bangsa dan negara dengan jumlah penduduk peringkat keempat dunia!

Pada tahun 1862, istilah Indonesia digunakan oleh seorang Inggris bernama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia (kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi.

Nama Indonesia semakin terkenal di taun 1884 ketika Adolf Bastian (etnolog Jerman) turut menggunakan dalam bukunya yang ditulisnya, Indonesians Order Die Inselin Des Malayische Archipels.

*) http://riyn.multiply.com/journal/item/41/Sejarah_Nama_Indonesia

Iklan

One thought on “Asal Nama "Indonesia",,,

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s