Dunia Manajemen


ManajemenMenurut James Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan sumber daya organisasi dengan bantuan alat untuk mencapai tujuan organisasi.

*) Fungsi manajemen menurut James Stoner adalah :

1. Perencanaan (planning)

Adalah proses penetapan tujuan dan serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Adalah proses pengaturan dan pengalokasian pekerjaan, wewenang dan sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organsiasi secara efisien dan efektif.

3. Pemimpinan (Leading)

Adalah proses pengarahan, mempengaruhi, memotivasi dan berkomunikasi dengan karyawan untuk melaksanakan tugas pokok organisasi.

4. Pengendalian (controling)

Adalah proses membandingkan untuk hasil yang ingin dicapai dengan standar yang telah ditetapkan dan bila perlu dilakukan tindakan perbaikan.

* Berdasarkan cakupan aktivitasnya, manager diklasifikasikan ke dalam 2 kategori, yaitu :

a) Manager Fungsional, bertanggung jawab terhadap salah satu kegiatan operasional organisasi, seperti kegiatan produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.

b) Manager Umum, bertanggung ajwab atas semua kegiatan dari unit dalam organisasi tersebut seperti bagian produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.

Menurut Robert L. Katz, manager dapat berhasil menjalankan tugasnya apabila memiliki 3 keterampilan, yaitu :

a) Keterampilan Konseptual, adalah memapuan manager membuat perencanaan, menuangkan ide atau gagasan strategi serta mengkoordinasikan semua kegiatan yang dilaksanakan organisasi.

b) Keterampilan Hubungan Manusiawi, adalah kemampuan manager untuk bekerja sama dengan orang lain, memotivasi serta berkomunikasi baik perorangan maupun kelompok di dalam maupun di luar organisasi.

c) Keterampilan Teknis, adalah kemampuan manager menggunakan peralatan dan teknis utnuk melaksanakan kegiatan operasional dalam organisasi.

Menurut James Stoner, ada 8 tugas manager, yaitu :

1. The manager assumes resposibility (Seorang manager harus bertanggung jawab).

2. The manager must balance competing goals (Manager harus mampu menciptakan keseimbangan tujuan yang saling bertentangan).

3. The manager is conseptual thinker (Manager adalah seorang pemikir yang konseptual).

4. The manager works with and through other people (Manager adalah orangyang dapat bekerja sama).

5. The manager is a mediator (Manager adalah orang penengah).

6. The manager is a politician (Manager adalah seorang politikus).

7. The manager is a diplomat (Manager adalah seorang diplomat).

8. The manager makes defficult decitions (Manager adalah pengambilan keputusan yang sulit).

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s