Demokrasi


A. HAKIKAT DEMOKRASI

Setelah proklamasi 17 agustus 1945 bangsa idonesia telah mengalami perubahan yang sangat besar. Diantaranya bangsa yang merdeka yang berdaulat, bangsa Indonesia juga menerapkan system pemerintahan yang demokratis . pemerintahan demokrasi di tandai dengan adanya perwakilan rakyat yang duduk di lembaga – lembaga perwakilan rakyat yang ada di tingkat pusat dan daerah dengan menganut sistem demokrasi.

1. PENGERTIAN DEMOKRASI

Istilah demokrasi berasal dari bahasa yunani yang terdiri atas dua kata, yaitu demos dan kratos. Demos artinya rakyat dan kratos pemerintahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang di maksud demokrasi adalah suatu system pemerintahan yang berasal dari rakyat dan pemerintahan Negara. Penerapan sistem demokrasi saat ini berbeda dengan penerapan demokrasi pada zaman yunani kuno.

Rakyat sebagai warga Negara terlibat secara langsung dalam proses pemikiran atau gagasandan ide-ide, pembahasan, dan pengambilan keputusan mengenai berbagai masalah yang menyangkut kehidupan dan pemerintahan dan Negara pada saat ini penerapan sistemdemokrasi seperti tersebut jelas tidak mungkin karena pada saat ini hampir setiap Negara memiliki wilayah yang luas dan penduduk yang besar.

Sebagai istilah yang sangat populer , demokrasi juga banyak di kaji oleh para ahli politik dan pemerintahan.

a. Menurut Carol C Gould mengatakan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang di dalamnya rakyat memerintah sendiri baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan- keputusan.

b. International Commission Of Jurist mengatakan, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan menjamin hak untuk membuat keputusan politik yang di selenggarakan oleh warga Negara melalui wakil yang terpilih dan bertanggung jawab kepada mereka melalui pemili yang bebas

c. Samuel Huntington mengatakan, suatu system politik dinamakan demokrasi jika para pembuat krputusan kolektif yang paling kuat dalam system itu dipilih melalui pilihan yang jujur dan adil.

d. Abraham Lincoln mengatakan damokrasi adalah pemerintahan dari rakyat , oieh rakyat, dan untuk rakyat.

3 thoughts on “Demokrasi

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s