Selayang Pandang Geosentrisme


Hampir semua astronom Yunani berpendapat bahwa Bumi berbentuk bola dan dan menjadi pusat seluruh alam semesta. Pernyataan pertama bisa diperiksa dengan mudah. Pengamat di puncak gunung dapat melihat hampir seluruh badan kapal, sementara pengamat di kaki gunung hanya dapat melihat pucuk tiang layar. Pernyataan kedua, yang dikenal sebagai geosentrisme, memang sudah dimandulkan oleh Copernicus.

Berdasarkan apa yang kita lihat Bumi tidak bergerak. Sebaliknya, Bulan, Matahari serta bintang – bintang mengelilingi Bumi. Cara berpikir ini sampai sekarang masih dipakai dalam ilmu pelayaran (navigasi). Perhitungan navigasi menjadi lebih sederhana dengan mengandalkan Bumi bergeming.

Pada masa lalu orang – orang belum mempunyai teropong. Oleh karena itu mereka hanya mengenal dua jenis benda langit : tujuh planet dan ribuan bintang. Planet, yang artinya “pengembara”, meliputi setiap benda yang tampak bergerak terhadap latar belakang binta – bintang. Oleh karena itu, Matahari dan Bulan dianggap planet. Planet yang lain adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Dalam model ini Bumi adalah bola yang terletak di pusat alam semesta yang bulat. Antara permukaan Bumi dan batas luar alam semesta terdapat sejumlah bola lagi. Masing – masing bola itu, yang tidak kasat mata, memiliki planet, kecuali bola paling luar, yang membawa semua bintang. Planet melekat pada kulit bola, satu bola satu planet. Semua bola berpusat di Bumi. Karena itu sistem bola ini dinamakan homosentris. Gerakan planet (yang dapat diamati) dalam pandangan ini ditentukan oleh gerakan bola yang membawa masing – masing planet. Setiap bola berputar secepat dan searah gerakan benda langit pada kulitnya. Bola bintang – bintang jelas harus berputar cukup cepat, sehari satu putaran mengelilingi Bumi dari Timur ke Barat.

– Revolusi Fisika –

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s