Standar Akuntansi Keuangan (SAK)


vglp_logo

Agar laporan keuangan berguna bagi semua pihak dan para pemakai memiliki penafsiran yang sama seperti yang dimaksud oleh pembuatnya, maka laporan keuangan harus disusun berdasarkan pedoman dan tata cara pencatatan yang diterima secara umum dan berlaku sesuai dengan “Standar Akuntansi Keuangan” yang memuat ketentuan – ketentuan sebagai berikut :

1. Ruang Lingkup dan Tujuan Laporan Keuangan
a. Kerangka Dasar
Laporan keuangan disusun untuk tujuan umum, yang merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan, dan berlaku untuk semua jenis perusahaan komersil baik sektor publik maupun sektor swasta, serta dapat dimanfaatkan oleh pemakai dan pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

b. Tujuan Laporan Keuangan
Laporan keuangan diharapkan mampu mneyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

2. Asumsi Dasar
a. Dasar Akrual (Accrual Basic)
Laporan keuangan disusun atas dasar akrual, maksudnya pengaruh transaksi dan peristiwa lain diakui pada saat kejadian (dan bukan pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar) dan dicatat dalam catatan akuntansi serta dilaporkan dalam laporan keuangan pada periode yang bersangkutan.

b. Dasar Kelangsungan Usaha (Going Concern)
Laporan keuangan biasanya disusun atas dasar kelangsungan usaha bagi perusahaan dan kemampuan akan melanjutkan usahanya di masa mendatang.

3. Unsur Laporan Keuangan
a. Unsur yang berkaitan langsung dengan pengukuran posisi keuangan, yaitu aktiva, kewajiban, dan ekuitas.

b. Unsur yang berkaitan langsung dengan pengukuran kinerja, yang tercantum dalam laporan laba / rugi, yaitu penghasilan dan beban.

Iklan

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s