Sejarah Perkembangan Akuntansi Part 2


Setelah abad ke – 15, pencatatan mulai teratur. Pada tahun 1494, Luca Pacioli alhi matematika Italia menerbitkan buku yang pertama tentang sistem “pembukuan berpasangan” (double entry bookeeping) dengan bukunya yang terkenal berjudul “Summa de Aritmatika Proportioni et Proportionalita”. Luca Pacioli membuat catatan yang lebih sistematis dari sebelumnya dengan selalu menggunakan dua sisi (debet dan kredit).

Luca Pacioli

Istilah debet dan kredit ini diambil dari bahasa latin “Debere dan Credere” yang berarti percaya dan mempercayai. Jadi, setiap catatan mengandung pengertian saling percaya antara orang yang mengadakan transaksi.

Seiring dengan berkembangnya dunia usaha di Indonesia, berkembang pula pemakaian sistem akuntansi dari sistem kontinental yang berasal dari Eropa ke sistem Angallo Saxon yang berasal dari Amerika.

Perkembangan akuntansi di Indonesia semakin pesat setelah tahun 1957, pada saat itu berdiri suatu organisasi yang mewadahi para akuntan di Indonesia. Organisasi tersebut diberi nama Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

IAI

Pada tahun 1973, mulai diaktifkan pasar modal. Dengan diaktifkannya pasar modal IAI membentuk suatu panitia perhimpunan bahan dan struktur GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) dan GAAS (Generally Accepted Auditing Standard). Panitia ini menghasilkan buku Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI).

Tahun 1974 dibentuk Komite Prinsip Akuntansi Indonesia (Komite PAI). Komite ini bertugas sampai tahun 1994. Setelah tahun 1994, Komite PAI diubah menjadi Komite Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Komite SAK melakukan revisi total terhadap PAI menjadi Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Tahun 1998, Komite SAK ini bertugas kembali menjadi Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia. Dewan SAK ini bertugas dari tahun 1998 sampai 2002 dan mempunyai otonomi untuk menyusun serta mengesahkan PSAK menjadi IPSAK. Pada periode ini juga dibentuk Dewan Konsultasi SAK yang anggotanya para praktisi (pengguna) Akuntansi.

2 Comments Add yours

  1. chimoetz che berkata:

    ^_^

    to uziek,,,

    thank for u’r comment…

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s