Resensi 5 cm


Sahabat adalah teman dikala kita senang, sedih , suka, duka, tawa, ceria. Persahabatan tidak pernah akan putus hingga akhir hayat. Mengenal apa itu arti kehidupan, pergaulan, lingkungan dan semuannya bersama sahabat.

Persahabatan mereka terjalin selama SMA, dan terus berlangsung hingga mereka tamat SMA. Selama tujuh tahun telah mereka tempuh semua rasa bersama. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunnya wanita dalam kelompok itu. Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai pemimpin dalam kelompok itu. Mereka mempunyai kegemaran yang aneh-aneh dari mengunjungi kafe, dari yang termurah hingga yang termahal sampai menonton layer tancap.

Banyak kejadian yang mereka alami bersama. Hingga akhirnnya muncul rasa kebosannan diantara satu dan yang lainnya. Mereka memutuskan untuk tidak saling bertemu maupun berkomunikasi. Selama tiga bulan terpisah terjadi banyak kejadian yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnnya.

Akhirnya, setelah perpisahan selama tiga bulan telah usai, membawa sejuta rasa kerinduan diantara mereka dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Genta telah merencanakan perjalanan itu. Dan, akhirnnya hari yang mereka nanti pun tiba. Mereka langsung melepas sejuta rasa kerinduan mereka yang telah terkubur selama tiga bulan. Rindu, sedih, keberhasilan, semua rasa itu tercampur di dalam hati mereka.

Mereka pergi untuk mendaki puncak Mahameru, dan mengibarkan sang saka merah putih pada saat hari Peringatan Kemerdekaan Indonesia tiba. Dengan perbekalan yang ada, mereka pergi ke Mahameru. Berbagi cerita diantara mereka dalam menempuh perjalanan itu. Celotehan-celotehan., gurauan, rasa kagum terus mereka lontarkan sepanjang perjalanan.

Setelah tiba di kaki gunung Mahameru, mereka disambut dengan udara yang dingin, gemercik air terjun, sungai, kicauan burung, dan keindahan serta pesona alam sekitar. Tanpa henti mereka mengucap rasa syukur, kagum, dan kecintaan mereka terhadap Indonesia. Dengan perbekalan yang telah dipersiapkan Genta, Ian, Zafran, Riani dan Arial mendaki bukit-bukit Mahameru bersama pendaki-pendaki yang lain. Melewati Ranu Kumbolo, Ranu Pano, dll.

Banyak tantangan, pengalaman, rasa syukur takjub, dan bangga yang mereka telah dapatkan selama menuju Puncak Mahameru. Semua pelajaran telah mereka peroleh, hingga tepat tanggal 17 Agustus pukul 07.00 WIB mereka telah sampai di puncak Mahameru dan mengadakan upacara kemerdekaan. Dengan sejuta rasa bangga mereka melaksanakan upacara tersebut bersama dengan pendaki-pendaki lain dengan hikmat.

Donny Dhirgantoro yang lahir di Jakarta, 27 Oktober 1978. sulung dari empat bersaudara. Menghabiskan masa SMU di SMU 6 Jakarta. Kegemaran menulis mengantarkannya menjadi juara pertama menulis dan membaca puisi.  Hingga akhirnnya menciptakan novel 5 cm ini. Novel ini mengajak pembaca untuk lebih mencintai tanah air yang kaya ini.

Konflik dalam cerita ini kurang, tetapi cerita ini merupakan cerita yang bagus karena mudah dipahami. Dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Didalam cerita ini banyak banyak terdapat lirik-lirik lagu mancanegara. Meskipun dalam novel ini tidak diterangkan apakah cerita ini kisah nyata atau bukan. Tetapi, novel ini dapat memotivasi pembaca agar mengejar impian mereka hinga menjadi kenyataan.

Menurut saya, novel ini sangatlah bagus, karena di dalam novel ini banyak motivasi hidup, persahabatan, kebersamaan,dll. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami. Mengajarkan kita juga untuk mencintai tanah air kita. Novel ini juga dipadu dengan lirik lagu dari mancanegara, agar pembaca tidak bosan dalam membacannya. Novel ini dapat dibaca oleh semua umur dan dari semua kalangan.

Judul                : 5 cm

Penulis             : Donny Dhirgantoro

Penerbit          : PT. Grasindo

Jumlah hal     : 382 hal

About these ads

Silakan meninggalkan jejakmu di sini ... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s